Mellennial

Skin Care Tepat Wajah Bebas Jerawat

Dari sekian jenis perawatan, penggunaan skin care paling banyak diandalkan untuk mendapatkan kulit sehat dan cantik.

Skin Care Tepat Wajah Bebas Jerawat
TRIBUNBATAM/MONA ANDRIANI

AGAR kulit wajah dan tubuh tampil sempurna, tak sedikit wanita yang rela melakukan berbagai cara. Baik lewat perawatan secara alami maupun memanfaatkan kemajuan teknologi.

Namun, dari sekian jenis perawatan, penggunaan skin care paling banyak diandalkan untuk mendapatkan kulit sehat dan cantik.

Sayangnya, tidak sedikit juga yang salah dalam pemilihan skin care. Akhirnya, bukan kulit mulus, sehat dan cantik yang didapat tapi justru kulit menjadi rusak. Keinginan menjadikan kulit glowing malah berakhir jerawatan hingga kusam. Duh, serem banget kan?

Salah pilih skin care pernah dialami Yayuk Astuti, seorang mahasiswi semester akhir di sebuah Universitas di Palembang.

Cewek ini mengaku pernah menggunakan skin care no label dan tidak cocok dengan kulitnya sesuai wajahnya jadi merah-merah.

Beda lagi pengalaman Laylatul Muawanah, seorang mahasiswi Stikes Batam. Layla mengaku saat menggunakan skin care pilihannya, wajah memang terlihat lebih glowing. Hanya saja, saat pemakaian berhenti, wajahnya menjadi berjerawat.

Nah, sebenarnya bagaimana sih cara yang tepat untuk memilih skin care yang sesuai dengan wajah?

Vella Ireani, Aesthetic Consultant di Miracle Aesthetic Clinic mengungkapkan, penggunaan skin care yang salah bisa mengakibatkan kulit bermasalah. Biasanya karena skin care tidak sesuai dengan jenis kulit.

Untuk kulit kombinasi misalnya. Bisa menggunakan skin care yang cenderung ke kering atau cenderung berminyak.

"Wajah bermasalah bisa juga karena salah dalam penyimpanannya. Karena ada skin care yang harus disimpan di kulkas, tetapi kita simpan di tempat yang terbuka, itu akan merusak skin care," ujarnya.

Untuk menghindari salah pilih, Rezky Permata Sari, mahasiswa salah satu Universitas Swasta di Batam mengaku memilih-milih skin care dengan cara melihat merek dan review yang ada di internet. Dan sejak lima bulan belakangan dia mengaku tak menemukan masalah dengan skin care pilihannya.

"Wajah yang akhirnya jadi bermasalah bisa karena skin care yang berbahaya karena menggunakan bahan merkuri, tidak ada BP-POM atau tidak sesuai dengan jenis kulit. Kalau ada merkuri. Maka terlihat setelah empat bulan pemakaian, muka jadi berjerawat, flek hitam, dan muka kusam," kata Vella.

Penggunaan skin care juga sebaiknya setelah wajah bersih. Vella menyarankan untuk membersihkan wajah dengan sabun dan tidak digunakan secara berlebihan.

"Karena kurang adanya manfaat jika pemakaian berulang kali, yang penting itu saat pagi hari," ujarnya.
Jadi guys, udah tahu kan sekarang pentingnya berhati-hati dalam memilih skin care yang tepat? (*)

Tips Penting Sebelum Pakai Skin Care
1. Pastikan wajah benar-benar bersih sebelum penggunaan skin care
2. Gunakan skin care dari yang cair terlebih dahulu, barulah yang padat.
3. Gunakan skin care hanya sekali saja yaitu saat pagi hari
4. Pilih skin care yang mempunyai BP-POM atau berdasarkan resep dokter. (*)

Penulis:
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved