Menteri Perhubungan Akan Gratiskan Uji KIR Taksi Online. Begini Driver Jawa Timur Berbenah

Kementerian Perhubungan berencana untuk menerapkan uji KIR gratis karena banyaknya sopir taksi online yang belum melakukan uji KIR.

Menteri Perhubungan Akan Gratiskan Uji KIR Taksi Online. Begini Driver Jawa Timur Berbenah
WARTAKOTA
Taksi online di Bandara Soekarno Hatta 

TRIBUNBATAM.ID, SURABAYA - Kementerian Perhubungan berencana untuk menerapkan uji KIR gratis karena banyaknya sopir taksi online yang belum melakukan uji KIR.

Pihak driver online mengaku masih ragu mengurus KIR kendaraannya lantaran belum mengetahui pemberlakuan peraturan kementerian.

Sementara itu, untuk pengurusan SIM A Umum, mereka sudah melakukannya bersama-sama secara kolektif.

Baca: Didesak Terbitkan Pergub Soal Taksi Online, Gubernur Kepri Ngaku Tak Mau Lawan Toke

Baca: Ricuh Taksi di Batam, Pelaku Pariwisata Resah. Viral di Medsos, Menyebar Kemana-mana

Baca: Dishub Kepri Beri Kuota Sementara Taksi Online 300 Unit. Ini Kata Asosiasi Driver Online

Para supir taksi online di Surabaya ini juga menyikapi Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 108 Tahun 2017 tentang Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek dengan membentuk koperasi.

Para driver online ini mengikuti pengurusan SIM A bersubsidi yang dilakukan Kementerian Perhubungan RI di Satpas Colombo Polrestabes Surabaya, Selasa (27/2/2018).

"Kita sudah tahu ada peraturan dan akan diberlakukan tindakan. Tapi persoalannya ini masih ditangguhkan, akhirnya teman-teman maju-mundur soal pengurusan KIR-nya," ujar Iqbal Ginanjar, Sekertaris Jenderal GGB (paguyuban driver taksi online) di Satpas Colombo Polrestabes Surabaya, Selasa (27/2/2018).

Sementara itu, untuk izin operasional, Iqbal menjelaskan, mereka sudah membentuk koperasi sebagai badan hukum dan seluruh anggota paguyuban driver online masuk koperasi.

Sementara itu, Wahid Wahyudis, Kepala Dinas Perhubungan dan LLAJ Jawa Timur mengatakan, pihaknya masih menunggu Kemenhub atas pemberlakuan uji KIR gratis setelah pemberian SIM A Umum bersubsidi. 

"Rencana Kemenhub ada uji KIR gratis, artinya biaya ditanggung Kemenhub. Biasanya uji KIR itu tarifnya Rp 95 ribu. Kami masih menunggu arahan Kemenhub," tambah Wahid.

Sampai saat ini, Dinas Perhubungan Jawa Timur telah mengeluarkan izin prinsip 2418 kendaraan dan izin operasional pada 140 kendaraan.

Berita ini telah terbit di TribunJatim.com dengan judul: Kemenhub Rencanakan Uji KIR Gratis, Driver Taksi Online Angkat Bicara

Editor: Alfian Zainal
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved