Heboh! Nurdin Lobi Jembatan Batam-Bintan, Amsakar Impikan Jembatan Batam-Singapura!

Amsakar punya mimpi setelah Batam-Bintan terhubung, suatu hari nanti Batam dengan Singapura juga bisa terkoneksi dengan adanya jembatan

Heboh! Nurdin Lobi Jembatan Batam-Bintan, Amsakar Impikan Jembatan Batam-Singapura!
TRIBUNBATAM/ROMA ULY SIANTURI
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bersama Wawako Batam Amsakar Achmad 

TRIBUNBATAM.id, BATAM-Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad merespon positif rencana pembangunan Jembatan Batam-Bintan. Malah Amsakar punya mimpi setelah Batam-Bintan terhubung, suatu hari nanti Batam dengan Singapura juga bisa terkoneksi dengan adanya jembatan.

"Adanya Jembatan Batam-Bintan ini pasti berdampak bagi Batam. Batam ke Tanjungpinang yang berada di seberang itu, bisa terkoneksi langsung," kata Amsakar, usai menghadiri rapat Adeksi di Swiss Belhotel Batam, Selasa (6/3/2018).

Baca: Masuk Radar Jokowi, Bank Indonesia Kepri Minta Gubernur Kawal Proyek Jembatan Batam-Bintan!

Baca: Heboh! 8 Tahun Jadi Anggota DPR RI, Terungkap Segini Kekayaan Primus Yustisio!

Baca: Tertangkap! Inilah 4 Fakta Menghebohkan Napi Lapas Pinang Kabur! Nomor 2 dan 4 Paling Mengejutkan!

Baca: Nekat Keroyok Pilot TNI AU! Preman-preman Ini Jatuh Pingsan Ketakutan Dihajar Jet Tempur F-16!

Begitupun dari Batam, bisa langsung ke Bintan hanya dengan menumpang mobil. Tak lagi melewati laut. Meski menyambut positif, tetap ada beberapa catatan yang menurutnya perlu diperhatikan.

"Pengendalian barang dari Batam ke Bintan dan daerah lainnya perlu diperketat. Karena Batam statusnya FTZ, Bintan juga FTZ. Kebocoran ini harus disiasati," ujarnya.

Gambar jembatan Batam-Bintan yang pernah beredar tapi belum terealisasi
Gambar jembatan Batam-Bintan yang pernah beredar tapi belum terealisasi 

Sementara soal wacana koneksi antara Batam dengan Singapura lewat jembatan, menurutnya bisa dikembangkan dari Belakangpadang ke Singapura. Pengerjaannya menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara. Dengan begitu, diharapkan ekonomi Batam bisa tumbuh pesat.

"Ada wilayah perdagangan bebas dan tidak. Tinggal diatur tata caranya. Kita harapkan dengan begitu ada pertumbuhan ekonomi. Gerak ekonomi juga jauh meningkat dibanding yang ada saat ini," kata Amsakar.

Keberadaan jembatan ini, lanjutnya, juga dinilai bisa mendorong negara-negara ASEAN menyepakati mata uang bersama. Sama halnya seperti Eropa yang disatukan dengan mata uang Euro.

"Koneksi darat antara Batam dan Singapura ini, bukan sesuatu yang tidak mungkin. Samalah dengan Malaysia dan Singapura yang terkoneksi juga lewat jembatan.

Tapi ini masih mimpi. Biarlah lebih dulu Jembatan Batam Bintan," ujarnya sembari tertawa ringan mengingat mimpi itu.

Business Manager Power Cina, Chen Long dan Vise Representative Indonesia Sun Xiao Peng berfoto bersama Gubernur Kepri H Nurdin Basirun, setelah menggelar pertemuan membahas rencana pembangunan jembatan Batam- Bintan, Jumat (9/6/2017) lalu.
Business Manager Power Cina, Chen Long dan Vise Representative Indonesia Sun Xiao Peng berfoto bersama Gubernur Kepri H Nurdin Basirun, setelah menggelar pertemuan membahas rencana pembangunan jembatan Batam- Bintan, Jumat (9/6/2017) lalu. (TRIBUN BATAM/THOM LIMAHEKIN)

(*)

Penulis: Dewi Haryati
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved