Grand Master Catur Indonesia Kini Menjabat Wakil Ketua DPR

Saat meraih gelar grandmaster, ia adalah pecatur Indonesia termuda yang berhasil mencapai prestasi tersebut, yaitu pada usia 21 tahun

Kompas.com/sabrina asril
Utut Adianto 

TRIBUNBATAM.ID, JAKARTA - Akhirnya, Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri menetapkan Utut Adianto sebagai wakil ketua DPR.

Fraksi PDIP di DPR mendapat jatah satu kursi pimpinan DPR setelah UU Nomor 2 Tahun 2018 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (MD3) berlaku.

Dalam revisi UU MD3 itu, PDIP sebagai parpol pemenang Pemilu 2014 berhak atas kursi pimpinan DPR. Untuk menduduki kursi pimpinan MPR, Mega menunjuk kadernya, Ahmad Basarah.

Baca: Istri Saya Meninggal. Saya Ridho Dunia Akherat. Opick Lalu Sebut Istrinya Ahli Surga

Baca: Curhatan Istri Kedua Opick yang Viral Sebelum Meninggal. Bisa Bikin Baper Pembacanya

Utut Adianto adalah salah seorang pecatur terbaik di Indonesia. Saat meraih gelar grandmaster, ia adalah pecatur Indonesia termuda yang berhasil mencapai prestasi tersebut, yaitu pada usia 21 tahun.

Setelah puluhan tahun menggeluti dunia catur, Utut kemudian aktif di dunia politik. Ia mulai menjadi anggota DPR sejak periode 2009-2014. Utut berasal dari daerah pemilihan Jawa Tengah VII.

Saat ini, ia menjabat sebagai ketua Fraksi PDIP di DPR.

Sekjen DPP PDIP, Hasto Kristiyanto menegaskan ditunjuknya Utut dan Basarah merupakan bukti berjalannya proses kaderisasi di internal PDIP.

“Pak Basarah dan Pak Utut telah digembleng sebagai kader partai yang memiliki kesadaran ideologi, organisasi, politik, Keduanya juga memiliki kecakapan manajerial yang andal. Keduanya berdedikasi untuk memerbaiki peningkatan kinerja kedua lembaga negara," kata dia. (*)

Editor:
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved