Mellennial

Barang Bekas Jangan Dibuang, Kita Olah Yuk Biar Jadi Berkah

Batam Rumah Kreatif adalah satu di antara yang tertarik mengolah barang limbah menjadi benda yang bernilai ekonomis.

Barang Bekas Jangan Dibuang, Kita Olah Yuk Biar Jadi Berkah
TRIBUNBATAM/MONA ANDRIANI

PUNYA barang-barang bekas atau barang-barang yang sudah tak dipakai lagi jangan buru-buru dibuang guys. Dengan sedikit kreatifitas, barang-barang tersebut bisa disulap jadi aneka barang baru yang tentu saja bernilai ekonomis.

Seperti yang dilakukan Lenzo Purba. Cowok ini sedang berusaha mengelola sampah plastik yang sudah tidak terpakai menjadi barang berguna. Seperti tas, dompet, dan lain sebagainya.

"Ini sebagai sarana berkreasi dan membuat hal yang bermanfaat," ujarnya.

Tidak hanya sampah plastik yang bisa menjadi barang yang berguna tetapi juga bisa menggunakan bahan limbah lainnya. Limbah kerang yang ada di pantai-pantai, misalnya.

Batam Rumah Kreatif adalah satu di antara yang tertarik mengolah barang limbah menjadi benda yang bernilai ekonomis.

Hj Elviana R Anie Bsc dari Batam Rumah Kreatif mengungkapkan, selama ini Batam Rumah Kreatif mengelola limbah kerang menjadi berbagai macam hal. Terutama aksesoris dan bisa barang-barang lainnya.

Seperti yang dilakukan oleh Bunga, pengrajin berbahan flanel ini tengah mencoba membuat sesuatu dari flanel dan menambahkan dengan kardus bekas sebagai bahan dasarnya.

"Kalau bunga, bahannya beli semua. Tapi ini lagi mau buat produk baru, cake dari kain flanel, kardusnya dari kardus bekas. Cake dan cup cake mainan bukan beneran," ujarnya di Tiban Indah, Jumat (6/4).

Untuk membuat aksesoris dari kerang tentu hal yang perlu disiapkan adalah kerang-kerangnya. Tidak hanya moluska atau gongong saja tetapi kamu bisa menggunakan jenis kerang lainnya. Seperti kerang lala, kerang dara, dan sebagainya. Tergantung kebutuhan.

"Hal sederhana bisa dibuat adalah bunga rose dari kerang lala. Kerang lala bentuknya agak pipih jadi terlihat cantik. Dan agar telihat bersih tentu perlu dibersihkan," ujarnya.

Halaman
12
Penulis:
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved