Di Sekolah Ini, Rok Bukan Hanya Seragam Perempuan tapi Murid Pria Juga Bebas Mengenakannya

Aturan seragam sebelumnya mengatur agar siswa laki-laki mengenakan celana, kaus dan jaket, sementara siswa perempuan mengenakan rok.

Di Sekolah Ini, Rok Bukan Hanya Seragam Perempuan tapi Murid Pria Juga Bebas Mengenakannya
METRO.co.uk/SWNS
Para siswa di sekolah asrama ternama di Inggris akan dibebaskan memilih seragam yang ingin dikenakan, termasuk rok. 

TRIBUNBATAM.id, RUTLAND - Sebuah sekolah asrama ternama di Inggris mengeluarkan kebijakan yang memperbolehkan siswa putranya untuk mengenakan rok di sekolah.

Richard Maloney, Kepala Sekolah Uppingham di Rutland, mengatakan kebijakan tersebut dibuat sebagai bentuk simpati kepada para siswa laki-lakinya yang merasa tak nyaman mengenakan celana seragam.

"Saya berharap setiap siswa dapat datang kepada saya dan berkata 'Inilah siapa kami, inilah cara kami mengekspresikan diri kami dan kami ingin memakai pakaian ini.' Dan mungkin kami akan mengizinkan mereka," kata Maloney kepada Sunday Times.

Maloney menambahkan, awal munculnya kebijakan tersebut datang dari salah seorang siswa yang memilih mengenakan rok selama acara pekan inklusivitas pada tahun lalu.

Hal itu dilakukannya sebagai pernyataan sikap.

Di sekolah tersebut, aturan seragam sebelumnya mengatur agar siswa laki-laki mengenakan celana, kaus dan jaket, sementara siswa perempuan mengenakan rok.

Kebijakan soal seragam netral bagi para siswanya itu turut didukung alumni sekolah tersebut.

Christian Spencer Jessen, seorang dokter dan presenter televisi yang terkenal di Inggris, mengaku dirinya akan memilih menggunakan rok di sekolah jika diperbolehkan.

Menurutnya, seragam sekolah netral akan mampu melawan permasalahan stereotip gender di sekolah.

Melansir Metro.co.uk, sejumlah sekolah di Inggris tampaknya telah mulai menerapkan kebijakan serupa, yakni membebaskan para siswa untuk memilih seragam yang ingin digunakannya selama di sekolah.

Di antara sekolah itu adalah sekolah dasar Cavendish Road di Didsbury, Manchester.

"Kami merasa bahwa saat ini dan di usia anak-anak ini, tidak sepantasnya menunjuk pakaian tertentu untuk dikenakan menurut satu jenis kelamin tertentu."

"Kami ingin anak laki-laki maupun perempuan yang menjadi siswa kami tahu bahwa mereka memiliki hak yang sama," kata kepala sekolah, Janet Marland tahun lalu.

(kompas.com/Agni Vidya Perdana)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sekolah Ternama di Inggris Ini Bebaskan Siswa Laki-laki Pakai Rok"

Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved