Pertemuan Pemimpin Korut dan Korsel Bikin Dunia Kagum, Donald Trump Justru Minta Jangan Lupakan Cina

Pertemuan antara Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un telah mendapat respon positif dari dunia.

AFP/Korea Summit Press Pool
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (dua dari kiri) didampingi oleh istrinya Ri Sol Ju (kiri), ketika bersulang dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae In (dua dari kanan) dan Ibu Negara Kim Jung Sook (kanan) dalam jamuan makan malam saat KTT Antar-Korea Jumat (27/4/2018). 

TRIBUNBATAM.id, PANMUNJOM - Pertemuan antara Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un telah dilangsungkan di desa perbatasan Panmunjom, Jumat (27/4/2018).

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Antar-Korea itu menjadi yang pertama setelah terakhir digelar lebih dari 11 tahun lalu, tepatnya pada Oktober 2007 di Pyongyang.

Pertemuan tingkat tinggi itu sangat dinantikan banyak pihak karena menjadi jalan bagi tercapainya denuklirisasi dan perdamaian di Semenanjung Korea.

Berikut ini komentar sejumlah pemimpin negara dan badan internasional menanggapi pertemuan antara dua Korea itu:

1. Cina

Pemerintah Cina memuji kedua pemimpin negara Korea yang akhirnya bertemu dengan menyebutnya sebagai "keberanian" politis.

Beijing turut menyambut deklarasi bersama untuk denuklirisasi dan perdamaian di Semenanjung Korea.

Kementerian Luar Negeri Cina menyebut jabat tangan antara Kim Jong Un dengan Moon Jae-in di garis demarkasi militer yang memisahkan kedua wilayah sebagai "momen bersejarah".

Baca: Korea Utara dan Selatan Berdamai. 9 Hal Unik dari Pertemuan Kim Jong-nam dan Moon Jae-in

Baca: Kim Jong-un Jadi Bintang Drama Korea, Warga Korsel terpukau dan Emosional Karena Hal Ini

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (kiri), dan Presiden Korea Selatan Moon Jae In berpegangan tangan dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Antar-Korea di Panmunjom, Jumat (27/4/2018).
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (kiri), dan Presiden Korea Selatan Moon Jae In berpegangan tangan dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Antar-Korea di Panmunjom, Jumat (27/4/2018). (AFP/KOREAN BROADCASTING SYSTEM)
Halaman
1234
Editor:
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved