Dunia Anak

Ehem! Menarik Ceritanya! Inilah Dongeng Petani Cerdik Melawan Beruang dan Rubah!

Inilah dongeng menarik petani cerdik melawan beruang dan rubah. Bagaimana siasat petani memperdayai rubah? Ikuti kisahnya!

Ehem! Menarik Ceritanya! Inilah Dongeng Petani Cerdik Melawan Beruang dan Rubah!
via bobo.grid.id
Ilustrasi 

TRIBUNBATAM.ID-Suatu ketika, hiduplah seorang petani yang sangat cerdik. Suatu hari, saat ia sedang membajak sawah, datanglah seekor beruang dengan cakar teracung.

“Hei, petani! Aku akan melahapmu!” raung si Beruang.

“Tunggu! Jangan lakukan kekerasan di sini,” bujuk Petani. “Aku akan mengadakan perjanjian denganmu. Sekarang ini, aku sedang menabur benih di ladangku.

Di saat benih-benih ini sudah masak, aku akan memberikan semua hasil panennya untukmu. Kecuali bagian akarnya.”

Beruang berpikir sejenak, dan ia setuju. Mendapat makanan satu ladang penuh, tentu lebih menguntungkan dibandingkan hanya melahap satu manusia.

Beruang akhirnya membiarkan Petani melakukan pekerjaannya dengan tenang. Setiap hari, Petani menyirami tanaman singkong.

Ketika saatnya panen, Petani memberikan daun-daunan yang tumbuh di atas tanah kepada Beruang. Petani lalu menggali akarnya dan menjual singkong ke pasar.

Beruang menjadi kesal karena Petani mendapat banyak uang dari menjual akar.

“Kau sudah menipuku! Aku akan memakanmu sekarang juga!” raung Beruang.

“Jangan lakukan itu, Beruang!” kata Petani. “Aku baru saja menanam benih jagung. Pada saat tanaman ini siap dipanen, kamu boleh mengambil akar-akarnya. Biar aku yang mendapat bagian atasnya.”

Halaman
1234
Editor:
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved