Bentrok di Gaza, Turki Tarik Duta Besarnya dari Israel dan AS

Pemerintah Turki mengumumkan telah memanggil dua duta besar yang bertugas di Amerika Serikat (AS) dan Israel.

Bentrok di Gaza, Turki Tarik Duta Besarnya dari Israel dan AS
AFP/MAHMUD HAMS
Demonstran Palestina terlibat dalam bentrokan dengan otoritas Israel di perbatasan Jalur Gaza Senin (14/5/2018). Bentrokan terjadi beberapa jam sebelum peresmian Kedutaan Besar Amerika Serikat di Yerusalem. 

TRIBUNBATAM.id, ANKARA - Pemerintah Turki mengumumkan telah memanggil dua duta besar yang bertugas di Amerika Serikat (AS) dan Israel untuk berkonsultasi.

Langkah tersebut dilakukan menyusul bentrokan yang terjadi antara pengunjuk rasa Palestina dengan pasukan Israel di Jalur Gaza Senin (14/5/2018).

Dalam aksi protes dan bentrok di 13 titik, dilaporkan puluhan orang demonstran Palestina tewas, dan 2.700 lainnya mengalami luka-luka.

Ini merupakan aksi demonstrasi paling mematikan yang terjadi di Jalur Gaza sejak 2014, dan terjadi ketika pembukaan Kedutaan Besar AS di Yerusalem.

"Kami bakal menanggapi aksi yang mereka (Israel) lakukan dengan sangat tegas," kecam Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, dilansir dari Russian Today.

Adapun Kementerian Luar Negeri Turki dalam keterangan tertulis mengecam militer Turki yang dianggap melakukan pembantaian terhadap demonstran Palestina.

Baca: Protes Pembukaan Kedubes AS di Yerusalem, Puluhan Warga Palestina Tewas dan Ribuan Lainnya Luka-luka

Baca: Putri Donald Trump Hadiri Pembukaan Kedubes AS di Yerusalem, Ini Doanya Saat di Tembok Ratapan

Mereka juga menyayangkan Washington yang memutuskan untuk memindahkan kedutaan besarnya dari Tel Aviv ke Yerusalem.

"Tindakan mereka (AS) merupakan bentuk pelanggaran resolusi PBB dan hukum internasional. Kami menyadari keputusan mereka batal demi hukum," ujar Kemenlu Turki.

Wakil Perdana Menteri Bekir Bozdag diwartakan Anadolu berujar, dia meminta forum darurat Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) pada Jumat (18/5/2018) untuk membahas Palestina.

Turki menyusul langkah Afrika Selatan yang lebih dulu memanggil dubesnya sebagai bentuk protes atas aksi militer Israel di Gaza.

Dalam pernyataannya, Departemen Hubungan Internasional dan Kerja Sama (Dirco) mengecam dengan pernyataan paling keras bentrokan di Gaza.

"Afrika Selatan mengusulkan agar pasukan Israel ditarik mundur dari Gaza, dan menyudahi penghancuran di teritori Palestina," kata Dirco.

(kompas.com/Ardi Priyatno Utomo)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Turki Panggil Duta Besarnya di Israel dan AS Terkait Bentrokan di Gaza"

Editor:
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved