Amerika Paling Banyak Miliarder, Tapi Kekayaan Miliarder China Terbesar di Dunia! Ini Buktinya!

New York hanya menambah satu orang di jajaran orang terkaya dunia. Sementara Hongkong punya 21 miliarder baru

Amerika Paling Banyak Miliarder, Tapi Kekayaan Miliarder China Terbesar di Dunia! Ini Buktinya!
via Kompas.com/Property-Report
Penampakan udara Hong Kong beserta gedung-gedung pencakar langitnya 

TRIBUNBATAM.ID-Amerika Serikat memang masih merajai dunia dengan jumlah miliarder terbanyak.

Namun, sejumlah kota di Asia kini mulai mengejar dominasi negeri Paman Sam tersebut. Menurut Sensus Miliarder 2018 yang dilakukan Wealth X, Hongkong kini tercatat memiliki 93 miliarder, pada saat yang sama New York City memiliki 103 miliarder.

Baca: Driver Ojek Online Tiba-tiba Masuk ke Kamar Kos Cewek, Mengejutkan Ternyata Ini yang Dikerjakan!

Baca: Nggak Sangka! Inilah 5 Kebiasaan Buruk yang Sebenarnya Baik buat Kesehatan! Nomor 4 Mengejutkan!

Baca: Inilah Suku Lingon! Bule Asli Indonesia dengan Mata Biru dan Keberadaannya Misterius!

Baca: Jangan Remehkan! Agar Pencernaan Nyaman, Hindari Konsumsi 5 Makanan Ini Saat Berbuka Puasa!

Pada tahun lalu, New York hanya menambah satu orang di jajaran orang terkaya dunia. Sementara Hongkong punya 21 miliarder baru di kawasan tersebut.

Ini sekaligus menjadi catatan terbanyak dibandingkan kota-kota besar di mana pun. "Ekspansi yang kuat dari populasi miliarder Hongkong, didorong oleh kinerja ekonomi domestik yang kuat,

kemajuan di pasar keuangan global, dan meningkatkan hubungan perdagangan dan investasi dengan China daratan," demikian keterangan Wealth X seperti dilansir Property-Report.

Penambahan ini sekaligus menandai adanya perputaran yang cepat pada tahun 2016, ketika pasar saham yang jatuh menghasilkan tebasan besar dalam penambahan jumlah miliarder di kawasan tersebut.

Secara keseluruhan, AS saat ini memiliki 680 miliarder dari total 2.754 miliarder yang ada di seluruh dunia. Hal ini menempatkannya di urutan pertama, disusul China dengan 338 miliarder.

Kendati Amerika mendominasi jumlah miliarder, namun kekayaan orang-orang terkaya di China mencapai 34 persen dari total kekayaan orang-orang di seluruh dunia.

Penampakan udara Hong Kong beserta gedung-gedung pencakar langitnya
Penampakan udara Hong Kong beserta gedung-gedung pencakar langitnya (via Kompas.com/Property-Report)

Enam dari 10 negara miliarder teratas bahkan mencatat pertumbuhan miliarder yang lebih cepat dari pada Amerika. Mereka dipimpin oleh China daratan dan India, di antaranya, dengan kenaikan populasi miliarder mereka masing-masing mencapai 35,7 persen dan 29,2 persen. Hongkong, yang dianggap sebagai negara, mencatat kenaikan 29,2 persen.

Sementara jumlah miliarder di AS hanya tercatat mengalami pertumbuhan 9,7 persen. Ada pun populasi miliarder Asia saat ini mencapai 784 individu, atau di atas Amerika Utara yang hanya 727 orang.

Sebagian besar kekayaan miliarder ini berasal dari industri utama mereka, seperti jasa keuangan, perbankan, dan investasi (413 miliarder), diikuti konglomerasi industri (380 miliarder). Sementara real estate menjadi sektor industri ketiga terbanyak dengan 173 miliarder.

"Menggarisbawahi peluang penciptaan kekayaan yang dihasilkan oleh tren global menuju urbanisasi. Tidak hanya di seluruh dunia yang muncul tetapi juga di sebagian besar kota-kota besar di Amerika Utara, Eropa dan Australasia," demikian tulis laporan tersebut.

Saat ini, tercatat total kekayaan miliarder di seluruh dunia naik 24 persen manjadi 9,2 triliun dollar AS. Berikut sembilan kota dengan jumlah miliarder terbanyak berdasarkan Wealth-X Billionaire Census 2018:
1. New York City
2. Hongkong
3. San Francisco
4. Moskwa
5. London
6. Beijing
7. Singapura
8. Dubai
9. Mumbai dan Shenzhen (*)

Tags
miliarder
Editor:
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved