Kandas di Laut, KM Bukit Raya Perbaikan Dua Bulan di Jakarta! Dua Kapal Ini Gantikan Sementara!

Setelah kandas, KM Bukit Raya perbaikan selama dua bulan di Jakarta. Dua kapal ini gantikan sementara, termasuk layani angkutan mudik!

Kandas di Laut, KM Bukit Raya Perbaikan Dua Bulan di Jakarta! Dua Kapal Ini Gantikan Sementara!
Tribunbatam/Septyan Mulia Rohman
KM Bukit Raya 

TRIBUNBINTAN.COM, BINTAN-PT Pelayaran Nasional Indonesia (PELNI) Cabang Tanjungpinang menyampaikan pasca insiden kandas, KM Bukit Raya akan cepat mengalami docking di Jakarta.

KM Bukit Raya sebelumnya mengalami insiden kandas di perairan Karang Neneh, Sedanau, Natuna pada Jumat (18/5/2018). Sampai kini masih di posisi kandas.

Baca: Inilah Suku Lingon! Bule Asli Indonesia dengan Mata Biru dan Keberadaannya Misterius!

Baca: Jago Bela Diri dan Anti Teror, Inilah 7 Fakta Mengejutkan Pengasuh Keluarga Kerajaan Inggris!

Baca: Mengejutkan! Inilah 5 Buah Penghilang Karang Gigi Sekaligus Pemutih Gigi! Mentimun Paling Dahsyat!

Kepala PT Pelni Cabang Tanjungpinang Kamaruzzaman dikonfirmasi awak media Bintan, Minggu (20/5/2018) mengatakan, docking kapal merupakan hal yang langsung dilakukan agar kapal bisa laik operasi melayani pergerakan orang dan barang.

Terkait kondisi terkini kapal, berdasarkan informasi yang Pelni Tanjungpinang terima, KM Bukit Raya masih dalam posisi kandas di atas karang neneh pulau sedanau Natuna. Saat ini masih terus dilakukan penyelaman untuk melakukan perbaikan pada bagian lambung kapal.

"Minggu pagi sempat dilakukan penyelaman oleh teman teman Basarnas untuk perbaikan di dek dasar bagian tengah kapal yang mengalami kebocoran, di situlah yang menyebabkan air masuk mencapai 1,8 meter akibat kena hamtaman karang,”kata Kamaruzzaman.

Pihaknya memastikan, kebocoran pada bagian kapal tidak mengganggu peralatan mesin. Para ABK sudah melakukan antisipasi terpadu dengan menyekat setiap ruang kapal.

"Mesin untuk sementara no problem, baling-baling juga masih berputar dan masih bisalah dioperasikan,"kata dia.

KM Bukit Raya saat sandar di Pelabuhan Tarempa, Anambas
KM Bukit Raya saat sandar di Pelabuhan Tarempa, Anambas (Tribun Batam/Septyan Mulia Rohman)

Pasca perbaikan di laut, rencananya KM Bukit Raya langsung akan masuk docking kapal di Jakarta . Kemungkinan proses docking tidak akan lama akrena harus dipakai untuk melayani kegiatan penyeberangan orang semasa mudik lebaran.

Untuk sementara ini. Aktifitas pelayaran nusantara dalam pulau pulau di Kepri dilayani oleh KM Sabuk Nusantara 39 dari Pelabuihan Kijang dan KM Sabuk Nusantara 30 melalui Pelabuhan Tanjungpinang. Kedua kapal perintis ini akan bekerja ekstra melayani kegiatan mudik lebaran masyarakat di pulau pulau.

Pelni Tanjungpinang kata Kamaruzzaman berharap. Kedepan tidak ada kendala berarti dari armada Pelni yang disiapkan pemerintah untuk melayani kegiatan mudik lebaran antar pulau di Kepri. Dukungan semua pihak sangat diharapkan.

"Kami Mohon doa dan dukungan agar kapal Bukit Yaya kembali pulih dan segera bisa dipakai melayani warga kita di pulau pulau mudik lebaran,"kata Kamaruzzaman.(*)

Penulis: Aminnudin
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved