Pertemuan dengan Kim Jong-un Batal, Surat Resmi Donald Trump Bernada Kesal

Jika Anda berubah pikiran harus melakukan dengan pertemuan puncak yang paling penting ini, jangan ragu untuk menelepon saya atau menulis

Pertemuan dengan Kim Jong-un Batal, Surat Resmi Donald Trump Bernada Kesal
kompas.com
Donald Trump dan Kim Jong-un 

TRIBUNBATAM.id, WASHINGTON - Presiden Donald Trump akhirnya membatalkan rencana pertemuan 12 Juni dengan pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un di Singapura.

Dalam surat yang ditandatanganinya dan akan ditujukan kepada Kim, Presiden Trump menulis:

“Sayangnya, berdasarkan kemarahan yang luar biasa dan permusuhan terbuka yang ditampilkan dalam pernyataan terbaru Anda, saya merasa tidak pantas, pada saat ini, untuk melakukan pertemuan yang direncanakan lama ini.”

"Tolong biarkan surat ini berfungsi untuk mewakili bahwa KTT Singapura, untuk kebaikan kedua belah pihak, tetapi merugikan dunia, tidak akan terjadi," tulisnya.

"Kesempatan yang hilang ini benar-benar merupakan momen yang menyedihkan dalam sejarah," tulisnya.

Tetapi yang penting surat itu juga mengatakan: "Suatu hari, saya sangat ingin bertemu dengan Anda."

"Jika Anda berubah pikiran harus melakukan dengan pertemuan puncak yang paling penting ini, jangan ragu untuk menelepon saya atau menulis."

Pembatalan mendadak itu tidak benar-benar mengejutkan karena sebelumnya, Kim merasa diintimidasi oleh keinginan AS terkait denuklirisasi Korea.

Korea Utara sudah menyatakan komitmennya untuk menghentikan program nuklir tanpa syarat saat pertemuan dengan Presiden Korea Selatan.

Kim juga menyatakan akan menunjukkan hal yang sama dalam pertemuan dengan Trump.

Namun, pernyataan Gedung Putih yang menginginkan agar Korea Utara menyerahkan seluruh nuklirnya membuat Kim tersinggung.

Mantan diplomat top Christopher Hill kepada MSNBC menyarankan afar dialog dengan Korea Utara sebaiknya dimulai dari pertemuan yang lebih terkalibrasi.

AS bisa mengirim Menteri Luar Negeri Mike Pompeo mengunjungi Pyongyang lebih dulu sehingga poin-poin yang dibahas bisa lebih jelas.

Penulis: Alfian Zainal
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved