Menlu Rusia: Ada Bukti Rusia Tembak Malaysia Airlines MH17, Ada Motif Politik Belanda

Lavrov kemudian menuduh Belanda menggunakan tragedi yang menewaskan 298 orang itu untuk kepentingan politik negeri tersebut.

Menlu Rusia: Ada Bukti Rusia Tembak Malaysia Airlines MH17, Ada Motif Politik Belanda
BBC Indonesia
Malaysia Airlines MH17 

TRIBUNBATAM.id, MOSKOW- Pemerintah Rusia, Jumat (25/5/2018), mengatakan Belanda tak memberikan bukti kuat terkait tudingan Moskow berada di balik ditembak jatuhnya pesawat Malaysia Airlines MH17 pada 2014.

"Menteri luar negeri Belanda Stef Blok menelepon saya hari ini," kata Menlu Rusia Sergei Lavrov kepara jurnalis di St Petersburg.

"Pada dasarnya Belanda tak ragu lagi bahwa misil BUK berasal dari Rusia. Saya bertanya soal bukti yang mendukung klaim itu. Dia tak memberi saya fakta apapun," tambah Lavrov.

Lavrov kemudian menuduh Belanda menggunakan tragedi yang menewaskan 298 orang itu untuk kepentingan politik negeri tersebut.

Pada Kamis (24/5/2018), para penyelidik internasional untuk pertama kali mengatakan bahwa misil BUK buatan Rusia yang menghancurkan Boeing 777 itu pada 17 Juli 2014 berasal dari sebuah brigade militer Rusia di Kursk.

Pangkalan brigade militer itu sendiri berada 500 kilometer di sebelah selatan ibu kota Rusia, Moskow.

Baca: TERUNGKAP! Dari Negara Inilah Rudal yang Menjatuhkan Malaysia Airlines MH17 dan Tewaskan 298 Orang

Baca: Tentara Rusia Terlibat Dalam Penembakan Rudal Terhadap Malaysia Airlines MH17

Pernyataan para penyidik itu, pemerintah Belanda kemudian menegaskan, Rusia bertanggung jawab langsung atas tragedi itu.

Pernyataan pemerintah Belanda ini kemungkinan besar bisa memicu langkah hukum terhadap Rusia.

Sementara itu, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan, negeri itu seharusnya dilibatkan dalam tim yang menyelidiki penyebab jatuhnya Malaysia Airlines MH17 itu.

Rusia sudah berulang kali mengatakan, tidak ada sistem persenjataan BUK yang melintasi perbatasan negeri itu menuju ke Ukraina.

Rusia memiliki banyak teori soal penyebab tragedi itu termasuk menuding pemerintah Ukraina yang berada di balik bencana tersebut. (kompas.com/Ervan Hardoko)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menlu Rusia: Tak Ada Bukti Rusia Tembak Jatuh MH17"

Editor:
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved