Berita Batam

Air ATB Terkadang Keruh, Ini Penyebabnya

Beberapa waktu lalu, pelanggan sebagai pembaca telah mengetahui penyebab air ATB terkadang berbuih dan berwarna putih.

Air ATB Terkadang Keruh, Ini Penyebabnya
ist
Petugas Produksi ATB saat memeriksa kondisi proses pengolahan air di Instalasi Pengolahan Air (IPA) Duriangkang beberapa waktu lalu. Terkadang air perpipaan ATB yang di kirim ke pelanggan keruh di pengaruhi oleh banyak faktor. 

TRIBUNBATAM.id - Beberapa waktu lalu, pelanggan sebagai pembaca telah mengetahui penyebab air ATB terkadang berbuih dan berwarna putih.

Kemudian ada pelanggan air ATB mengeluh terkait kualitas air ATB yang diterima.

Pelanggan mempertanyakan tentang air yang didistribusikan oleh PT Adhya Tirta Batam terlihat kecokelatan, tidak jernih seperti biasanya.

PT Adhya Tirta Batam sendiri telah mengolah air baku menjadi air bersih, sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh World Health Organization (WHO) dan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes).

Namun, terkadang dalam waktu-waktu tertentu air ATB yang diterima oleh pelanggan tidak jernih, cenderung keruh.

“Kondisi air keruh yang diterima oleh pelanggan ATB bisa disebabkan oleh beberapa hal. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi hal tersebut, seperti pipa bocor, ada perawatan pipa di Instalasi Pengolahan Air (IPA) akan berefek ke pelanggan sementara waktu,” ujar Enriqo Moreno, Corporate Communication Manager ATB.

Pekerjaan perawatan pembersihan pipa tidak dapat dihindari. Guna menjaga kualitas air kepada pelanggan, ATB selalu melakukan proses pemeliharaan tersebut secara berkala.

“Pekerjaan perawatan pipa secara berkala tersebut tidak dapat dihindari. Proses pemeliharaan ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas performa area produksi yang di lakukan secara berkala. Terkadang proses pemeliharaan ini membuat air sedikit keruh,” ujarnya.

Selain faktor pemeliharaan pipa di IPA secara berkala, faktor lainnya yang dapat menyebabkan kualitas air jadi berkurang adalah terdapatnya kebocoran pipa, serta penguatan jaringan ke pelanggan. Sehingga, harus dilakukan pengerjaan pada pipa.

Adanya pekerjaan yang di rencanakan seperti penguatan jaringan pelanggan, perubahan jalur pipa transmisi secara tidak langsung akan menyebabkan kualitas air jadi terganggu.

Halaman
12
Editor: Rio Batubara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved