Sidang Kasus Bauksit PT AIPP! Hakim Tanya Saksi Ahli Pakai Perumpaan Tilang, Ini Jawaban Saksi!

Hakim bertanya jika seseorang memiliki SIM kendaraan namun tidak membawanya lalu ditilang. Apakah hal tersebut bisa disebut pelanggaran

Sidang Kasus Bauksit PT AIPP! Hakim Tanya Saksi Ahli Pakai Perumpaan Tilang, Ini Jawaban Saksi!
tribunbatam/wahib waffa
Suasana sidang kasus bauksit di PN Tanjungpinang mendengarkan keterangan saksi ahli, Kamis (31/5/2018) 

TRIBUNBATAM.ID, TANJUNGPINANG-Sidang kasus pertambangan dengan terdakwa Weidra Alias Awe, Direktur PT AIPP kembali digelar di PN Tanjungpinang, Kamis (31/5/2018). Sidang menghadirkan tiga saksi ahli.

Di antaranya pakar pidana sekaligus dosen hukum Universitas Trisakti Dian Ardiansyah, Wawan ahli pertambangan dari Kementrian ESDM dan terakhir Budi Setiawan ahli pertambangan dari Dinas Provinsi Kepri.

Baca: Dengar Ancaman Hukuman Mati, Wajah Komplotan Sabu Batam-Madura Tertangkap di Bintan Langsung Panik!

Baca: Heboh Kutukan Keluarga Bruce Lee! Inilah 3 Misteri di Balik Kematian Bruce Lee dan Sang Putra!

Baca: Ngeri Bandit Curas di Batam! Jika Korban Tidak Mau Serahkan Uang, Pelaku Setrum Korban!

Ketua majelis hakim Iriaty Khoirul Umah didampingi dua orang anggotanya Jhonson Sirait dan Monalisa Siagian menanyakan kepada ahli hukum pidana Dian Ardiansyah. Ia bertanya sah dan tidaknya izin pertambangan belum didapat namun sudah melakukan kegiatan pertambangan.

"Seumpama begini. Izin pertambangan IUPK belum ditangan namun sudah melakukan pertambangan. Jadi sudah punya izin, namun izin belum dipegang apakah boleh melakukan pertambangan. Seperti itu apakah ada pidananya," kata Iriaty bertanya, Kamis.

Suasana sidang kasus bauksit di PN Tanjungpinang mendengarkan keterangan saksi ahli, Kamis (31/5/2018)
Suasana sidang kasus bauksit di PN Tanjungpinang mendengarkan keterangan saksi ahli, Kamis (31/5/2018) (tribunbatam/wahib waffa)

Saat itu pakar dan dosen pidana bertitle doktor ini menjawab bahwa hal seperti meskinya bisa diminta dulu izinya. "Kalau seperti itu kondisinya dicari dulu izinya untuk menunjukan,"ujar Dian Ardiansyah menjawab pertanyaan hakim.

Lagi-lagi hakim menanyakan pertanyaan yang sama. Hanya saja dengan pengandaian atau perumpamaan. Hakim bertanya jika seseorang memiliki SIM kendaraan namun tidak membawanya lalu ditilang. Apakah hal tersebut bisa disebut pelanggaran.

"Saya kira ceritanya berbeda ya. Sebenarnya itu proses administrasi saja. meskinya mencari dulu kalau dia memiliki izinya. Namun kalau ada peraturan undang-undang yang mengatur, bisa saja ada pidananya," katanya lagi.

Budi Setiawan Kabid ESDM yang menjadi ahli ini juga terkena kasus narkoba atau pecandu narkoba. Saat ini ia pun masih dalam proses penyidikan setelah dirinya ditetapkan tersangka oleh Polres Tanjungpinang.

Baca: Heboh Kasus di Temburun! Pelaku Pamerkan Alat Vital ke Korban, Polisi Anambas Periksa 5 Orang!

Baca: Terungkap! Inilah 5 Gangster Terbesar di Dunia! Nomor 2 Penghasilannya Mengejutkan!

Baca: Wow! Andre Taulany Unggah Video Cuci Koleksi Motor, Netizen Heboh Lihat Benda di Belakang!

Ia tetap dihadirkan menjadi ahli. Dalam keteranganya ia menjelaskan soal tata cara prosedur kepengurusan izin pertambangan. Mulai dari cara kepengurusan dan jenis-jenis izin tambang hingga aturan dalam menjalankan kegiatan pertambangan.

Sebelumnya kasus ini berawal dari kegiatan pertambangan yang dilakukan oleh PT AIPP. Ia memindahkan stok bauksit ke dalam tongkang. Namun diketahui ia tidak bisa menunjukkan izin lantaran masih dalam proses kepengurusan di Dinas ESDM provinsi Kepri. (*)

Tags
bauksit
Penulis: Wahib Wafa
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved