Soal Armada Transportasi Jelang Lebaran, Ini Yang Diwanti-wanti Syahbandar Tarempa!

Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Tarempa cukup mengkhawatirkan adanya lonjakan penumpang dari Jemaja

Soal Armada Transportasi Jelang Lebaran, Ini Yang Diwanti-wanti Syahbandar Tarempa!
Tribunbatam/Septyan Mulia Rohman
Ilustrasi Kapal Bukit Raya saat sandar di Pelabuhan Tarempa 

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS-‎Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Tarempa cukup mengkhawatirkan adanya lonjakan penumpang dari Jemaja yang datang ke Tarempa.

Melihat dari tahun-tahun sebelumnya, terdapat lonjakan penumpang yang salahsatunya disebabkan adanya peningkatan penumpang dari Jemaja ke Tarempa menggunakan kapal ferry.

Baca: Terungkap! Inilah Alasan Kenapa Hantu Putih Kopassus Bikin Ribuan Pemberontak Menyerah!

Baca: Ini Risikonya! Jangan Sembarangan Menghangatkan Masakan, Perhatikan Hal Ini Dulu!

Baca: Kontras! Jony Foto Prewedding Tiba-tiba Merapi Meletus, Pasangan Lainnya Sengaja Foto di Kawah!

Baca: Wow! Dapatkan Rumah Hadiah Pernikahan, Begini Isi Rumah Pangeran Hary dan Meghan Markle!

"Berkenaan dengan lonjakan penumpang, kami ada khawatir ke sana. Melihat dari tahun-tahun sebelumnya, ada masyarakat Jemaja yang belanja ke Tarempa dan pulang kembali ke Jemaja beberapa hari sesudahnya.

Dari pantauan kami, pernah sampai tembus 120 orang," ujar Darlis perwakilan UPP saat rapat koordinasi lintas sektoral jelang Hari Raya di aula kantor Bupati Selasa (5/6/2018).

‎Mengenai armada transportasi laut dari dan menuju Anambas, pihaknya mengklaim cukup terbantu dengan beroperasinya kapal Blue Sea Jet 1 dengan rute Batam - Anambas, meskipun tiket keberangkatan kapal ferry untuk tanggal delapan, sembilan dan sepuluh Juli sudah habis.

Ia juga mengatakan, untuk saat ini belum ada informasi terbaru mengenai pengganti kapal Bukit Raya yang sebelumnya kandas di Sedanau Kabupaten Natuna. Kapal Pelni yang biasa melayani rute dari dan menuju Anambas itu pun, saat ini menjalani perbaikan di Batam.

Kapal MV Trans Nusantara saat sandar di Pelabuhan Tarempa
Kapal MV Trans Nusantara saat sandar di Pelabuhan Tarempa (Tribunbatam/Septyan Mulia Rohman)

"Tahun ini cukup terbantu karena ada kapal Blue Sea Jet. Kapal ini kapasitasnya bisa memuat hingga tiga ratus penumpang lebih. Informasi terakhir, untuk keberangkatan tanggal 12 untuk kapal ferry baru ada 50 penumpang.

Kemudian, ‎untuk tanggal 13 Juni kapal ferry Blue Sea Jet tercatat sudah ada 138 penumpang," ungkapnya seraya meminta bantu peranan TNI/Polri beserta instansi terkait ‎di lapangan

‎Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris pun menilai perlunya informasi mengenai kondisi cuaca jelang arus mudik dan arus balik hari raya Idul Fitri ini.

Mengenai lonjakan arus mudik di Anambas pun, pihaknya menilai tidak terlalu signifikan selama armada yang melayani calon penumpang tidak mengalami gangguan.

"Yang perlu menjadi perhatian juga kondisi cuaca. Mungkin bisa dibantu oleh BMKG untuk diupdate mengenai informasi secara resmi ke kami supaya bisa diantisipasi," ungkapnya.

Haris pun juga meminta Basarnas untuk dapat memasang mata dan telinga. Menurutnya, tidak tertutup kemungkinan adanya potensi hal-hal yang tidak dinginkan seperti bencana, seperti dampak angin taipun yang berkemungkinan ada dampaknya ke Anambas.

"Dalam hal ini, Basarnas juga kami minta pasang telinga dan standby. Karena peran Basarnas ini juga penting," ungkapnya.(*)

Tags
Syahbandar
Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved