Bisakah Najib Razak Mengelak? Liburan Bersama Istri, Belanja Miliaran Pakai kartu Kredit Perusahaan

Tuduhan terhadap mantan Perdana Menteri Najib Razak cukup seris, ada sekitar Rp 800 miliar uang perusahaan yang ditransfer ke rekening Najib.

Bisakah Najib Razak Mengelak? Liburan Bersama Istri, Belanja Miliaran Pakai kartu Kredit Perusahaan
FMT
Mantan PM Malaysia Datuk Seri Najib Razak dan istrinya, Datin Seri Rosmah Mansor 

TRIBUNBATAM.id, KUALA LUMPUR - Serangkaian penyelidikan dilakukan oleh Komisi Antikorupsi Malaysia (MACC/SPRM) untuk membongkar skandal korupsi 1 Malaysia Development Berhad (1MDB).

MACC memulai skandal korupsi triliunan rupiah itu dengan menyelidiki aliran uang SRC Internatianal, anak perusahaan 1MDB yang kemudian dialihkan ke Kementerian Keuangan.

Akuisisi perusahaan ini dilakukan saat Najib menjadi PM merangkap Menteri Keuangan.

Tuduhan terhadap mantan Perdana Menteri Najib Razak cukup seris, ada sekitar Rp 800 miliar uang perusahaan yang ditransfer ke rekening Najib.

Untuk membongkar kasus ini, Najib sendiri sudah diperiksa oleh MACC sebanyak dua kali, sementara istrinya, Rosmah Mansor, diperiksa satu kali, dalam sebulan terakhir.

Baca: Terkait Skandal 1MDB, Singapura Sudah Masukkan Jho Low dalam Red Notice Interpol Sejak 2016

Baca: Ayah Altantuya, Model Cantik Mongolia yang Dibunuh dengan Bom, Akan Bertemu Mahathir

Baca: Skandal 1MDB, KPK Malaysia Keluarkan Perintah Penangkapan Terhadap 4 Orang, Termasuk Jho Low

Selain diduga mengetahui aliran dana SRC ke rekening Najib, Rosmah juga diperiksa terkait temuan uang sekitar Rp 400 miliar, perhiasan serta 274 tas mewah yang disita polisi dari kediaman dan apartemen keluarga Najib, awal Ramadan lalu.

Tetapi, ada satu bukti yang sulit membuat Najib dan Rosmah mengelak bahwa mereka menikmati uang perusahaan untuk kepentingan pribadi.

Di antara barang bukti yang mengejutkan itu adalah tagihan kartu kredit Najib dan istrinya saat berlibur.

Mantan PM Malaysia Najib Razak keluar dari ruangan pemeriksaan Komisi Antikorupsi Malaysia, Selasa (22/5/2018).
Mantan PM Malaysia Najib Razak keluar dari ruangan pemeriksaan Komisi Antikorupsi Malaysia, Selasa (22/5/2018). (The Star)

Seperti dilaporkan Sarawak Report --media online yang paling getol membongkar skandal 1MDB –sampai-sampai dibredel oleh rezim Najib– mantan PM dan istrinya berlibur ke Eropa pada Agustus 2014.

Keduanya berbelanja menggunakan dua kartu kredit yang dikeluarkan Visa No: 4585 8180 0000 5496 sebesar RM449 ribu atau sekitar Rp 1,5 miliar dan Master Card Nomor 5289 4380 0003 8961 dengan nilai belanja bencapai RM2,8 juta atau sekitar Rp 9,5 miliar.

Halaman
12
Penulis: Alfian Zainal
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved