Uzi, Senapan Maut Bikinan Israel Favorit Pasukan Khusus dan Intelejen Dunia Termasuk Indonesia

Pada tahun 1980-an senjata berupa senapan mesin berbentuk ringkas seperti pistol bernama Uzi

Uzi, Senapan Maut Bikinan Israel Favorit Pasukan Khusus dan Intelejen Dunia Termasuk Indonesia
Senapan mesin Uzi. 

TRIBUNBATAM.id - Pada tahun 1980-an senjata berupa senapan mesin berbentuk ringkas seperti pistol bernama Uzi dan  merupakan produk Israelsangat populer digunakan  di kalangan pasukan khusus serta  para agen rahasia di seantero dunia.

Agen rahasia (Secret Service) AS, yang bertugas mengawal Presiden AS, termasuk yang ikut mempopulerkan Uzi di seluruh dunia.

Baca: Tak Gentar Diintai Sniper Serbia, Begini Kenekatan Presiden Indonesia Saat Berkunjung ke Bosnia

Baca: Harus Kerahkan Sniper, Inilah Misteri di Balik Ketakutan Israel pada Layang-layang Warga Palestina!

 
Pasalnya ketika Presiden AS Ronald Reagan pada 30 Maret 1981 ditembak oleh John Hinckley Jr di Washington DC, Uzi langsung ‘bicara’.

Begitu Presiden Reagan tertembak para agen rahasia yang sedang mengawal langsung bertindak cepat.  Yakni  melakukan penyelamatan dengan cara mencabut senapan Uzi-nya dari balik jasnya.

Aksi para Secret Service yang segera bersiaga menggunakan senapan Uzi-nya  yang tampak sangar dan foto-fotonya menjadi berita koran-koran besar di AS itu diluar dugaan ternyata menjadi promosi gratis bagi senapanUzi.

Tak lama   kemudian akibat foto-foto itu,  dengan cepat senapan Uzi menjadi senjata andalan bagi pasukan khusus serta agen rahasia di berbagai negara.

Agen rahasia AS, CIA termasuk pengguna ‘fanatik’ Uzi dan kadang membawa dua Uzi sekaligus yang ditaruh dibawah ketiak kiri kanan dan tersembunyi rapi di balik stelan jasnya.

operator Senapan Uzi
operator Senapan Uzi ()

Pemakaian senapan Uzi yang demikian populer bukan cuma di dunia nyata.

Karena dalam film-film action Hollywood pun Uzi sering dipakai dan menjadi senjata favorit baik bagi aparat keamanan maupun para  penjahat.

Baca: Tatang Koswara, Sniper Terbaik Dunia Asal Indonesia 25 Tahun Sembunyikan Misi Rahasia di Timor Timur

Baca: Inilah Percakapan Terakhir Jenderal Benny Moerdani dan Sniper Musuhnya

Seperti dikutip dalam buku Intel : Menguak Tabir Dunia Intelijen Indonesia(Ken Conboy 2007), militer Indonesia (TNI), bahkan  termasuk pengguna Uzi untuk mempersenjatai pasukan-pasukan khususnya dan anggota intel Bakin (Badan Koordinasi Intelijen Negara).

Halaman
12
Editor: Danang Setiawan
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved