Klaim Raih Kemenangan dalam Pemilu Turki, Ini Pesan Erdogan kepada Lawan Politiknya!

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, mengklaim kemenangan dalam pemilihan presiden yang dilangsungkan pada Minggu (24/6/2018)

Klaim Raih Kemenangan dalam Pemilu Turki, Ini Pesan Erdogan kepada Lawan Politiknya!
Kompas.com
Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan 

TRIBUNBATAM.ID, ANKARA-Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, mengklaim kemenangan dalam pemilihan presiden yang dilangsungkan pada Minggu (24/6/2018).

Dengan hasil perhitungan cepat yang menempatkan Erdogan sebagai peraih suara terbanyak lebih dari 50 persen, menjadikan politisi berusia 64 tahun itu sebagai pemenang dan presiden terpilih untuk masa jabatan lima tahun ke depan.

Berdasarkan hasil perhitungan cepat yang dipantau Kompas.com dari laman Hurriyet Daily News pada Senin (25/6/2018) pukul 05.00 WIB, Erdogan meraih 52,5 persen atau sekitar 25 juta suara dari total sekitar 50 juta suara yang masuk.

Baca: Detik-detik Karamnya KM Berkat Anugerah di Lingga, Inilah Kesaksian Anak dari Korban Meninggal!

Baca: Terkuak! Ditipu Hingga Dibunuh, Ini 5 Kasus Kencan Online yang Berakhir Tragis!

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan
Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan (Kompas.com)

Baca: Inilah Hymne Pasukan Elite Kopassus yang Bikin Bulu Kuduk Merinding, Begini Liriknya!

Baca: Denjaka, Pasukan Khusus TNI AL Paling Misterius dan Bikin Gentar Navy SEAL Amerika!

Sesuai dengan panduan pemilu Turki, apabila di antara calon ada yang meraih lebih dari 50 persen suara pada pemungutan suara tahap pertama, maka dia akan menjadi presiden terpilih sehingga pemilu tahap kedua yang dijadwalkan pada 8 Juli tidak perlu digelar.

Setelah melihat hasil perhitungan suara tersebut, Erdogan pun mengumumkan kemenangannya.

"Menurut hasil tak resmi, negara telah mempercayakan tugas kepresidenan kepada kami sekaligus kepala eksekutif dengan memberikan suara mayoritas kepada Aliansi Rakyat kami," kata Erdogan, dikutip Hurriyet Daily News.

"Ini adalah sebuah tanggung jawab yang besar," ujarnya menegaskan.

Di hadapan pendukungnya yang berkumpul di Istanbul, Erdogan tak lupa menyampaikan terima kasih serta memberikan ucapan selamat kepada kandidat presiden dan parlemen lainnya.

"Saya harap tidak ada pihak yang akan mencoba membayangi hasil pemilihan hanya untuk menutupi kegagalan mereka," kata dia.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan istrinya, Emine menyapa ratusan ribu pendukungnya yang memadati distrik Yenikapi, Istanbul, Minggu (7/8/2016), dalam aks unjuk rasa mendukung pemerintah.
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan istrinya, Emine menyapa ratusan ribu pendukungnya yang memadati distrik Yenikapi, Istanbul, Minggu (7/8/2016), dalam aks unjuk rasa mendukung pemerintah. (STR / AFP TURKISH PRESIDENTIAL PRESS OFFICE / AFP)

"Pemilu kali ini telah memberikan pesan yang jelas," ujarnya, dikutip TribunSolo.com dari Kompas.com.

"Turki telah mendapat pelajaran demokrasi dengan jumlah pemilih yang menggunakan hak pilihnya mendekati 90 persen," ucap Erdogan.

"Negara kita akan menjadi sangat berbeda."

Baca: Jangan Panik! Penyakit Asam Urat Dapat Diatasi Pakai 3 Ramuan Alami! Ini Rahasia Membuatnya!

Baca: Waspadalah! Inilah 3 Tanda Ginjal Anda Bermasalah Tapi Sering Anda Sepelekan!

Baca: Duel Hidup Mati Argentina Vs Nigeria, Messi Cs Dikabarkan Tentukan Sendiri Susunan Pemain!

"Meski kami tidak dapat mencapai target kami dalam pemilihan parlemen, kami akan berusaha sebagai Aliansi Rakyat," kata Erdogan kepada pendukungnya. (Kompas.com/Agni Vidya Perdana/ Sumber Hurriyet Daily News)

Editor:
Sumber: Tribun Solo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved