Heboh! Copet Bikin Repot Kepolisian Prancis! Libur Musim Panas, Kota Paris Siagakan 5.000 Polisi

Sebanyak 5.000 petugas polisi di Paris, Perancis, siap berjaga setiap hari selama musim panas untuk mencegah aksi copet dan penjual barang palsu

Heboh! Copet Bikin Repot Kepolisian Prancis! Libur Musim Panas, Kota Paris Siagakan 5.000 Polisi
via Kompas.com/themarkedworld
Menara Eiffel merupakan struktur paling tenar di dunia. Pencakar langit ini menjulang hingga 324 meter 

TRIBUNBATAM.ID, PARIS-Sebanyak 5.000 petugas polisi di Paris, Perancis, siap berjaga setiap hari selama musim panas untuk mencegah aksi copet dan penjual barang palsu.

Ibu kota Perancis ini memang menjadi salah satu lokasi dengan wisatawan terbanyak selama musim panas, hingga akhir September.

Pihak berwenang mengakui, memastikan turis aman dari perampokan atau aksi penipuan dari penjual barang merupakan masalah yang sulit. Pasukan keamanan yang disiagakan mengamankan 7 lokasi berbeda di seluruh Paris untuk mencegah aksi kriminal.

Baca: Inilah Khasiat Tak Terduga Letakkan Lemon dan Garam Sebelum Tidur Malam! Begini Caranya!

Baca: Terungkap! 5 Hewan Ini Bisa Mendeteksi Bahaya Lho! Semut dan Burung Kenari Paling Mengejutkan!

Baca: Heboh! Setelah 7 Hari Menikah, Pria Ini Baru Sadar Istrinya Berjenggot dan Bersuara Mirip Pria!

Baca: Dendam Terbalas! Kandaskan Jerman, Korea Selatan Obati Kekalahan Menyakitkan 16 Tahun Lalu!

Tempat-tempat yang bakal dijaga polisi seperti Louvre, Montmarte, the Champs-Elysees, area di sekitar Trocadero dan menara Eiffel, Latin Quarter, Chatelet, dan Opera. Dilansir dari Daily Mail, Rabu (27/6/2018), Kepala Polisi Paris Michel Delpuech mengatakan, pihak berwenang ingin agar kota Paris aman bagi para turis.

"Kami melakukan segalanya untuk memastikan turis aman tanpa harus membuat kota damai ini berubah menjadi benteng pertahanan," katanya. Tahun lalu, sebanyak 18 juta turis mengunjungi Paris dan jumlah tersebut diperkirakan akan bertambah pada 2018.

"Sebanyak 90 persen pencurian yang dialami turis karena penjambretan tas, penjual di jalan, atau donasi palsu," kata pejabat keamanan senior Paris Frederic Dupuch. The Local Fr mengutip data dari kementerian dalam negeri tahun lalu, ada 134.000 aksi pencurian tanpa kekerasan di Paris, termasuk pencopetan, penjambretan tas dan ponsel.

Menara Eiffel merupakan struktur paling tenar di dunia. Pencakar langit ini menjulang hingga 324 meter.
Menara Eiffel merupakan struktur paling tenar di dunia. Pencakar langit ini menjulang hingga 324 meter. (via Kompas.com/themarkedworld)

Namun, sampai sekarang belum diketahui berapa jumlah pencuri yang berkeliaran di Paris dan menyerang turis. Tahun lalu, selama pertengahan Juni hingga September, sebanyak 1.887 pedagang kaki lima yang menjual miniatur menara Eiffel dan perhiasan kecil telah ditangkap.

Ada 703 tas dan ponsel yang dicuri dari 7 zona wisata utama di Paris. Sejak insiden pada 2017, polisi menempatkan petugas kemananan ekstra. Sejauh ini, ada 24 orang

yang ditangkap atas aksi pengumpulan donasi palsu, 333 ditahan karena menjual barang ilegal di jalan, dan 748 kg pernak-pernik seperti miniatur menara Eiffel dan gembok cinta.

Turis yang menjadi korban aksi pencurian dan penipuan pun tak perlu khawatir untuk melapor. Polisi Paris menyiapkan polisi yang dapat berbahasa asing, dan mahasiswa bahasa asing untuk membantu para wisatawan. (Daily Mail/The Local Fr)

Berita ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Cegah Copet Selama Libur Musim Panas, 5.000 Polisi Paris Disiagakan

Tags
copet
Paris
Editor:
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved