Skandal 1MDB Malaysia - Jho Low Dikabarkan Tertangkap di China

Konglomerat Malaysia Low Taek Jho atau Jho Low yang disebut-sebut terlibat dalam skandal 1MDB Malaysia dikabarkan tertangkap di China.

Skandal 1MDB Malaysia - Jho Low Dikabarkan Tertangkap di China
Jho Low 

TRIBUNBATAM.ID, PETALING JAYA - Konglomerat Malaysia Low Taek Jho atau Jho Low yang disebut-sebut terlibat dalam skandal 1MDB Malaysia dikabarkan tertangkap di China.

Jho Low dinyatakan buron oleh Komisi Antikorupsi Malaysia (MACC/SPRM) setelah dilakukan penyelidikan ulang terkait skandal 1MDB (1 Malaysia Development Berhad) setelah rezim Najib Razak dikalahkan dalam Pemilu pada Mei 2018 lalu.

Sejumlah media Malaysia memberitakan penangkapan Jho Low yang disebut-sebut otak pencucian uang skandal 1MDB tersebut, namun belum ada keterangan resmi dari pihak berwenang setempat.

Kepala Kepolisian Malaysia, Tan Sri Mohamad Fuzi Harun, seperti dilansir TRIBUNBATAM.id dari Kantor Berita bernama mengatakan bahwa pihaknya belum menerima pemberitahuan terkait penangkapan itu.

"Saya belum mendapat pemberitahuan, saya akan cari tahu dulu," katanya kepada media, Kamis (19/7/2018).

Baca: Lika Liku Penyelidikan Korupsi 1MDB Hingga Ditahannya Mantan PM Najib Razak

Baca: Skandal 1MDB, KPK Malaysia Keluarkan Perintah Penangkapan Terhadap 4 Orang, Termasuk Jho Low

Baca: KPK Malaysia Bekukan 900 Rekening Terkait Skandal Korupsi 1MDB

Baca: NGERI! Klaim Himpun Puluhan Triliun, Ternyata 1MDB Tak Punya Uang Sepeserpun untuk Bayar Utang

Informasi penangkapan Jho Low ini diungkap oleh blog berita Sarawak Report yang mengutip siaran stasiun radio di Hong Kong.

Paspor Jho Low telah dibekukan oleh pihak Imigrasi Malaysia sejak 15 Juni lalu atas permintaan Komisi Antirasuah Malaysia terkait penyelidikan skandal 1MDB.

Selain itu, MACC melalui kepolisian telah meminta bantuan Interpol atau polisi internasional untuk menangkap pengusaha yang disebut-sebut kroni mantan PM Najib Razak.

"Saya ingin menegaskan bahwa polisi telah mengirimkan permohonan red notice pada 11 Juni lalu kepada Interpol di beberapa negara, termasuk China, Hong Kong, Indonesia, dan Myanmar. Kami juga meminta kerjasama Taiwan melalui saluran diplomatik untuk mencari Jho Low," katanya.

Ketika ditanya tentang lokasi terbaru Jho Low, Mohamad Fuzi meyakini pria tersebut mungkin berada di Macau, China atau Hong Kong.

Halaman
12
Penulis: Alfian Zainal
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved