Skandal 1MDB - Dituduh Teken Cek untuk UMNO, Mantan PM Najib Razak Membantah

Umno disebut-sebut menerima sekitar RM145 juta atau sekitar Rp 500 miliar lebih melalui rekening Najib Razak di AmBank

Skandal 1MDB - Dituduh Teken Cek untuk UMNO, Mantan PM Najib Razak Membantah
The Star
Mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak hadir di parlemen Malaysia 

TRIBUNBATAM.ID, KUALA LUMPUR - Mantan perdana menteri Malaysia Najib Razak membantah tuduhan bahwa partai UMNO yang dipimpinnya saat menjadi PM terlibat dalam skandal 1MDB.

Sebelumnya, koalisi Barisan Nasional disebut-sebut terlibat dalam skandal 1MDB karena menerima RM300 juta atau hampir Rp 1 triliuhn untuk pemilihan umum 2013.

Sedangkan, Umno yang rekeningnya termasuk dibekukan Komisi Antikorupsi Malaysia (MACC) karena skandal 1MDB ini, disebut-sebut menerima sekitar RM145 juta atau sekitar Rp 500 miliar lebih melalui rekening Najib Razak di AmBank.

Najib Razak sendiri dituduh menerima aliran dana dari SRC Internasional, salah satu perusahaan di bawah 1MDB waktu itu.

"Ini bukan dari dana 1MDB. Hati nurani saya jelas. Ketika kami mengeluarkan cek kami sangat jelas itu bukan dari 1MDB. Saya tidak akan mengeluarkan cek jika berasal dari 1MDB," katanya kepada wartawan di lobi Parlemen, Senin ( 23/7/2018), seperti dilansir TRIBUNBATAM.id dari The Star Malaysia.

Baca: Didakwa 4 Tuduhan, Najib Wajib Bayar Jaminan Rp 3,5 Miliar. Kasusnya Disidangkan Lagi Tahun Depan

Baca: Najib Razak Ditahan di Malaysia, Putranya Mengaku Bersalah di Amerika

Baca: Lika Liku Penyelidikan Korupsi 1MDB Hingga Ditahannya Mantan PM Najib Razak

Baca: KPK Malaysia Bekukan 900 Rekening Terkait Skandal Korupsi 1MDB

Investigasi skandal 1MDB oleh MACC (SPRM dalam Bahasa Malaysia) juga mengarah ke Umno untuk menelusuri hilangnya uang miliaran ringgit.

Najib mengatakan bahwa kasus itu menjadi sasaran penyelidikan dan bahwa sumber dana harus ditetapkan dengan jelas di akhir semua itu.

"Biarlah berada di tangan para penyelidik, karena kami tidak ingin mendahului temuan mereka," katanya.

Najib Razak yang hadir dalam acara koalisi Barisan Nasional di parlemen bersama istrinya Rosmah Mansor mendapatkan kejutan ulang tahun dari koleganya.

Ia mendapatkan kue tiga tingkat, yang menampilkan karikatur dirinya, serta kata-kata "Terima kasih Pak Dato 'Sri Najib Razak" yang ditulis pada kue tersebut.

Najib, dalam acara itu, juga menampilkan sebuah video tentang apa yanhg telah dilakukannya sebagai perdana menteri dan kontribusinya untuk negara, juga untuk Umno dan Barisan Nasional.

"Saya berharap pemerintah baru akan berjuang untuk masa depan Malaysia dan berbuat baik untuk rakyat, bukan hanya menyalahkan pemerintah sebelumnya," kata Najib..

Najib menambahkan bahwa BN telah melakukan yang terbaik untuk rakyat. Karena itu, Pakatan Harapan harus fokus pada pemenuhan semua janji mereka dan mengelola negara dengan baik.

"Rakyat akan menuntut semua janji-janji manis yang dibuat untuk mereka, dan pemerintah baru harus membuktikan janji-janji itu," katanya.

Penulis: Alfian Zainal
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved