Breaking News:

Langgar Zona Udara, Korea Selatan Kirim Jet Tempur untuk Usir Pesawat Militer China

Angkatan udara Korea Selatan pada Jumat (27/7/2018) mengirimkan jet tempurnya untuk mencegat dan mengusir pesawat militer China

(AFP / STR)
Foto yang diambil pada Desember 2016, menunjukkan jet tempur J-15 milik China yang bersiap untuk lepas landas dari kapal induk Liaoning. 

TRIBUNBATAM.id - Angkatan udara Korea Selatan pada Jumat (27/7/2018) mengirimkan jet tempurnya untuk mencegat dan mengusir pesawat militer China yang dituduh telah memasuki wilayah pertahanan udara Korea.

Baca: KRI Yos Sudarso Milik TNI Angkatan Laut Amankan Kapal Tanker Bermuatan Solar

Baca: Tim WFQR Amankan Kapal Berbendera Djibouti Tanpa Dokumen, ABK Warga Myanmar

Baca: Heboh Penemuan Ikan Raksasa dari Sungai Siak Pekanbaru, Diduga Jenis Arapaima Gigas

Dilansir dari SCMP, Kepala Staf Gabungan Korea Selatan mengatakan, pesawat milik China sempat terbang selama lebih dari empat jam di dalam Zona Identifikasi Pertahanan Udara (ADIZ) Korea.

Sebelumnya, pesawat militer China tersebut diketahui terlihat saat terbang di dekat wilayah batu terendam yang ada di bawah kekuasaan Seoul namun juga diklaim Beijing.

"Angkatan udara Korea Selatan telah mengerahkan lebih dari satu jet tempur untuk melacak dan memberi peringatan kepada pesawat China tersebut untuk pergi," kata pernyataan staf gabungan Korsel.

Zona identifikasi pertahanan udara Korea Selatan tidak terikat perjanjian secara hukum di bawah perjanjian internasional.

Zona tersebut merupakan perpanjangan wilayah Korea Selatan pada 2013 yang kemudian saling tumpang tindih dengan zona yang baru diklaim China.

Ekspansi wilayah China tersebut mencakup wilayah pulau batu terendam yang disebut Ieodo.

Wilayah tersebut juga diklaim berada di bawah kendali Seoul yang telah menempatkan stasiun penelitian di atasnya.

Belum ada pernyataan langsung dari China terkait insiden pelanggaran wilayah udara Korea Selatan itu.

Sebelumnya pada Februari dan April, pesawat tempur China telah melakukan penerbangan serupa di wilayah udara Korea Selatan, tahun lalu, setidaknya ada dua kali insiden serupa.

Pada Februari lalu, setelah pelanggaran yang dilakukan pesawat jet China, Seoul telah memanggil duta besar mereka untuk menyampaikan keluhan.

Namun Beijing mengatakan kemudian bahwa pesawat militernya melakukan penerbangan sesuai aturan hukum dan praktik internasional.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Korea Selatan Kirim Jet Tempur untuk Usir Pesawat Militer China"

Editor: Danang Setiawan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved