Mengenal Sosok Komjen Pol Syafruddin, Menteri PAN RB Pengganti Asman Abnur

Komjen Pol Syafruddin kini menjabat Menteri PAN-RB menggantikan pendahulunya Asman Abnur. Siapakah sosok Syafruddin?

Mengenal Sosok Komjen Pol Syafruddin, Menteri PAN RB Pengganti Asman Abnur
Tribunnews.com/Rina Ayu
Komjen Pol Syafruddin 

TRIBUNBATAM.id, JAKARTA - Komisaris Jenderal (Pol) Syafruddin resmi dilantik Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Rabu (15/8/2018) pagi.

Syafruddin yang sebelumnya menjabat Wakil Kepala Polri itu menggantikan Menteri PAN-RB pendahulunya, Asman Abnur.

Pria kelahiran Makassar, Sulawesi Selatan 12 April 1961 itu lulus dari Akademi Kepolisian pada tahun 1985. Kariernya di kepolisian lebih banyak berada di Satuan Lalu Lintas.

Jabatan yang diembannya pertama kali, yakni Kepala Sub Unit Patroli Kota Polda Metro Jaya. Tahun 1987, ia dipindahkan menjadi Kepala Polsek Pondok Gede Bekasi.

Setahun kemudian, Syafruddin dikembalikan ke satuan dan menjabat Penata Urusan Rencana Sekretaris Direktorat Lalu Lintas Polri.

Setelah sempat tertahan di jabatan itu, tahun 1996, Syafruddin dipercaya menjadi Kepala Bagian Registrasi dan Identifikasi di Direktorat Lalu Lintas Polda Riau.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin.(Fabian Januarius Kuwado)
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin.(Fabian Januarius Kuwado) 

Syafruddin diketahui juga sempat dimutasi menjadi perwira menengah Polda Riau selama satu tahun sebelum menjabat Kepala Bagian Pembinaan Operasional Pelatihan Sekretaris Pimpinan Polri.

Baca: CATAT! Ini 5 Bank yang Rentan Terimbas Krisis Turki

Baca: Siapakah Gadis Cantik yang Komandoi Anggota Paskibraka Batam Ini? Simak Profilnya

Baca: Ditinggal Pacar Menikah, Pria Ini Tikam Adiknya Hingga Tewas

Ia menjabat sebagai Kepala Bagian Registrasi dan Identifikasi di Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya hingga pada 2003, ia diangkat menjadi Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya.

Setahun kemudian, Syafruddin sempat 'parkir' sebentar menjadi Kepala Polres Metro Jakarta Timur sebelum diangkat menjadi Ajudan Wakil Presiden RI kala itu, Jusuf Kalla.

Usai menjadi Ajudan Wakil Presiden, kariernya kian lancar.

Setelah mengikuti Sekolah Pimpinan Tinggi, Syafruddin meraih satu bintang di pundaknya pada 2009 dan ia langsung menjabat Wakil Kepala Polda Sumatera Utara dan setahun setelahnya menjabat sebagai Kepala Polda Kalimantan Selatan.

Pangkat dua bintang di pundaknya dicapainya sesaat sebelum Syafruddin diangkat menjadi Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Polri pada 2012.

Pada 2015, bintang di pundaknya pun bertambah satu setelah diangkat menjadi Kepala Lembaga Pendidikan Polri.

Puncak karier di Polri saat Syafruddin diangkat menjadi Wakil Kepala Polri menggantikan pendahulunya, Budi Gunawan yang diangkat menjadi Kepala Badan Intelijen Negara (BIN).

Selama karier, Syafruddin meraih sejumlah tanda jasa, antara lain Satya Lancana Dwidja Sistha, Satya Lancana Katya Bhakti, Satya Lancana Seroja dan Satya Lancana Kesetiaan 24 Tahun. (*)

*Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Komjen Syafruddin, Mantan Ajudan Jusuf Kalla yang Jadi Menteri PAN-RB", 

Editor: Tri Indaryani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved