Sscn.bkn.go.id - Foto Selfie Jadi Syarat Daftar CPNS 2018

Berdasarkan jadwal, Rabu (19/9), pendaftaran calon pegawai negeri sipil (PNS) akan dimulai.

Sscn.bkn.go.id - Foto Selfie Jadi Syarat Daftar CPNS 2018
TRIBUNSTYLE
Ilustrasi CPNS 2018 

TRIBUNBATAM.id - Berdasarkan jadwal, Rabu (19/9), pendaftaran calon pegawai negeri sipil (PNS) akan dimulai. Ada beberapa syarat baru yang diterapkan saat mendaftar CPNS tahun ini, salah satunya syarat untuk swafoto alias selfie. Untuk melakukan pendaftaran, pelamar diminta mendaftar melalui link sscn.bkn.go.id yang bisa diakses pada hari Rabu besok.

Berdasarkan informasi dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) nantinya, di portal BKN informasi perihal instansi yang membuka lowongan, formasi, jabatan, hingga persyaratan CPNS 2018 akan benar-benar disampaikan. Calon pelamar pun akan segera dapat melakukan pengunggahan berkas dan juga foto.

Adapun alur pendaftaran melalui portal terintegrasi sscn.bkn.go.id, mulai dari registrasi hingga cetak kartu. pendaftar akan diajak untuk mengisi berbagai kelengkapan, antara lain Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Kartu Keluarga (KK) atau NIK Kepala Keluarga, alamat email aktif, password, dan menjawab pertanyaan pengaman.

Lalu, pelamar juga diminta untuk mengunggah pas foto berukuran minimal 120 Kilobyte (Kb) atau maksimal 200 Kb. Setelah semua tahapan itu selesai, calon peserta seleksi CPNS akan menerima kartu informasi akun dan bisa mencetaknya.

Setelah memiliki akun pribadi dan kembali masuk ke portal sscn.bkn.go.id, pendaftar langsung dihadapkan dengan kewajiban untuk mengunggah foto selfie dengan memperlihatkan KTP dan kartu informasi akun yang sudah dicetak untuk dapat melanjutkan ke tahap berikutnya.

Setelah melalui proses itu, kemudian pendaftar diarahkan untuk melengkapi biodata pribadi, serta memilih instansi, jenis formasi dan jabatan yang hendak diambil. Terdapat satu ketentuan, yakni pelamar hanya dapat memilih 1 instansi, 1 formasi, dan 1 jabatan saja dalam seleksi CPNS 2018 ini.

Sebelum mengirimkan seluruh data yang telah terisi, BKN juga mengingatkan agar pelamar kembali memastikan bahwa segala isian serta pilihan instansi, formasi dan jabatan telah tepat, lantaran itu semua tidak bisa diubah dengan alasan apapun bila sudah dikirim.

Jika sudah yakin, pendaftar dapat menekan tombol "Simpan" dan "Kirim". Bila rangkaian tahapan tersebut telah dilalui, pelamar pun bisa mencetak Kartu Pendaftaran SSCN 2018 untuk kemudian dibawa saat mengikuti proses seleksi CPNS 2018.

Sudah Siap

Sementara itu Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana memastikan persiapan pendaftaran seleksi CPNS tahun 2018 sudah siap. Saat ini pihaknya sedang memasukkan data-data formasi dan persyaratan dari kementerian-kementerian dan lembaga yang membuka pendaftaran CPNS.

Halaman
12
Editor: Agus Tri Harsanto
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved