Jumlah Pencari Kerja Asal Luar Batam Ternyata Banyak, Jumlahnya Mencapai 25 Ribu Lebih

Disnaker Kota Batam mencatat sepanjang tahun 2018, ada sekitar 25 ribu lebih jumlah pencari kerja yang berasal dari luar Batam

Jumlah Pencari Kerja Asal Luar Batam Ternyata Banyak, Jumlahnya Mencapai 25 Ribu Lebih
tribunbatam/dewi haryati
Kepala Dinas Tenaga Kerja Batam, Rudi Syakyakirti 

TRIBUNBATAM.id,BATAM - Dinas Ketenagakerjaan Kota Batam mencatat sepanjang tahun 2018, ada sekitar 25 ribu lebih jumlah pencari kerja (Pencakar) yang berasal dari luar Batam.

Hal ini diketahui dari data kepengurusan Kartu Kuning pencakar yang masih memiliki KTP-elektronik dari luar Batam sepanjang tahun 2018.

"Jumlah pencaker kita dari luar Batam sepanjang tahun ini mencapai 25 ribu lebih pencaker, dan rata-rata pencaker ini ada yang baru tamat sekolah," tutur Kadisnaker Kota Batam, Rudi Sakyakirti, Selasa (18/9/2018).

Baca: Alami Keguguran, Wanita Ini Rela Janinnya Diawetkan, Alasannya Mengharukan

Baca: Jelang Laga Persib vs Persija. Soal Jadwal Diundur, Begini Tanggapan Pihak Persija

Baca: Siswa SD ini Ciptakan Kursi Pintar untuk Kesehatan. Simak Kisah Penciptaannya

Ramainya pencaker menggunakan KTP-elektronik luar Batam melakukan pengurusan kartu kuning ini terlihat setelah lebaran kemarin.

"Kalau data seluruh pencaker di Batam tahun ini, saya belum tahu data pastinya. Namun tidak terlalu jauh di banding tahun lalu yang hingga mencapai 30 ribuan lebih pencaker. Baik itu dari Batam dan luar Batam sendiri,"ungkapnya.

Rudi juga mengatakan, di tengah banyaknya pencaker di Batam, tahun ini sejumlah perusahaan di Batam juga mulai ada geliat dibanding tahun sebelumnya.

Yakni mengalami peningkatan di bagian Industri manufakturing di Muka Kuning. Bahwa banyak di butuhkan tenaga kerja. Seperti contohnya berapa perusahaan ada penambahan Line produksi dan produknya.

"Tahun ini kita perkirakan lebih banyak di banding tahun yang lalu. Untuk geliat Industri di Batam masih bagus di Batam, seperti bidang elektronik," terangnya.(als)

Penulis: Alfandi Simamora
Editor: nandrson
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved