Siswa SD ini Ciptakan Kursi Pintar untuk Kesehatan. Simak Kisah Penciptaannya

Dampak buruk yang bisa ditimbulkan oleh kelamaan waktu duduk mengilhami Muhammad Rakha Ervinpermana Putra

Siswa SD ini Ciptakan Kursi Pintar untuk Kesehatan. Simak Kisah Penciptaannya
(KOMPAS.com / Hamzah)
Karya Muhammad Rakha Ervinpermana Putra, kursiku sahabatku, yang berfungsi untuk mencegah efek buruk kelamaan duduk. 

TRIBUNBATAM.id - Kelamaan saat duduk bisa menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Mulai dari yang paling ringan seperti mati rasa atau kesemutan, pegal-pegal, hingga dampak berat seperti gangguan pada tulang, diabetes, kanker, maupun serangan jantung.

Dampak buruk yang bisa ditimbulkan oleh kelamaan waktu duduk mengilhami Muhammad Rakha Ervinpermana Putra (11), siswa kelas enam SD Muhammadiyah Manyar, Gresik, untuk menciptakan kursi untuk kesehatan.

Kursi tersebut dinamai "Kursiku Sahabatku". “Awalnya memang ada ide bagaimana memperingatkan saya dan mungkin teman-teman supaya tidak terlalu enak berlama-lama ketika duduk. Sebab saya baca, kelamaan duduk juga dapat membuat tubuh tidak sehat, bisa terserang penyakit juga,” ujar Rakha, Selasa (18/9/2018).

Mendapat ide tersebut, Rakha dengan dibantu oleh guru pembimbing, Zaki Abdul Wahid, lantas coba mewujudkan konsep sebuah kursi pintar yang bisa memberikan peringatan kepada mereka yang duduk supaya tidak terlalu lama.

“Buatnya cukup mudah kok, cukup kursi dihubungkan dengan perangkat elektronik seperti sensor jarak, sensor beban, dan mikro kontroler, yang kemudian dihubungkan dengan speaker atau buzzer,” jelasnya.

Fungsi speaker di sini adalah mengeluarkan bunyi peringatan bagi orang yang duduk bahwa dia sudah lama duduk di kursi tersebut dalam batas ambang waktu yang telah ditentukan.

Sehingga mereka dapat segera sedikit meluangkan waktunya, minimal berdiri ataupun berjalan sebentar.

“Jadi dengan berdiri atau mungkin berjalan sebentar mungkin 5 atau 10 menit, itu akan dapat membuat sirkulasi darah kembali lancar dan normal, dengan harapan bisa terhindar dari beberapa penyakit akibat kelamaan duduk,” ucap dia.

Halaman
12
Editor: Agus Tri Harsanto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved