BINTAN TERKINI

82190 Wisatawan Kunjungi Bintan, Dua Negara Ini yang Dominasi    

kondisi global saat ini seperti perang dagang ataupun kondisi lainnya tidak sampai mempengaruhi tingkat kunjungan turis ke Bintan

82190 Wisatawan Kunjungi Bintan, Dua Negara Ini yang Dominasi    
ISTIMEWA
Bintan Resorts Cakrawala 

TRIBUNBINTAN.COM, TRIBUN - Pasar wisatawan asal Cina masih tetap menjadi bidikan menarik di Indonesia pun dengan Bintan. Termasuk juga dengan Amerika Serikat.

Meski kedua negara tersebut disebutkan masih terlibat perang dagang, sejauh ini angka kunjungan turis dari dua negara tersebut ke Bintan masih cukup baik.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Bintan, pada 2017, wisatawan mancanegara asal Cina yang ke Bintan berjumlah 82.190 orang. Jumlah tersebut menempati posisi nomor dua terbanyak setelah Singapura yang berjumlah 106.902 orang.

Sayangnya, persentase wisatawan khusus negeri Paman Sam ke Bintan masih terbilang kecil. Bahkan kalah jauh dibandingkan turis asal Inggris dan Australia.

Kepala Dinas Pariwisata Bintan Luki Zaiman Prawira berharap, kondisi global saat ini seperti perang dagang ataupun kondisi lainnya tidak sampai mempengaruhi tingkat kunjungan turis ke Bintan.

"Ya kalau kita lihat, sejauh ini aman, kunjungan turis masih sangat bagus. Bahkan, berdasarkan data BPS, tahun kemarin (2017) kita naik," kata Luki, Kamis (27/9/2018).

Baca: Timnas U16 Indonesia Selamatkan Muka ASEAN, Lolos Perempat Final AFC U16

Baca: Smartfren Luncurkan Dua Produk Baru, Bisa Gunakan Aplikasi Tanpa Batasan

Baca: Kerugian Capai Rp 15 Miliar, Inilah Dua Tersangka Korupsi Pembangunan Pelabuhan Dompak

Data BPS Bintan, pada 2017, wisatawan mancanegara yang datang ke Bintan tercatat 368.592 orang. Angka tersebut disebutkan mengalami peningkatan sebesar 2,68 persen dibanding tahun 2016 yang tercatat sebesar Rp 304.404 orang.

Jika melihat grafik kunjungan yang disodorkan BPS, rata rata kunjungan turis ke Bintan paling banyak di akhir tahun.

Ada optimisme yang muncul di kalangan stakeholder industri wisata bahwa pada 2018 ini, angka kunjungan turis bakal naik signifikan dibanding 2017 lalu. Situasi global tampaknya sejauh ini tidak menyurutkan minat wisatawan mancanegara membidik Bintan sebagai destinasi liburan.

"Kita optimis angka kunjungan pada 2018 mengalami peningkatkan signifikan,"kata General Manager (GM) PT BRC, pengelola wisata Lagoi kepada Tribun belum lama ini.

Optimisme tersebut ditunjang promosi internal pengelola wisata yang terus menerus. Event sport tourism disebut salah satu pendongkrak tingkat kunjungan.

Data dihimpun dari BPS Kepri, pada periode Januari 2018 hingga Juli 2018, jumlah kunjungan wisatawan asing yang berkunjung ke Bintan naik 30 persen jika dibanding periode sama pada 2017.

"Jadi, kita yakin kunjungan turis ke Bintan tahun ini justru makin meningkat,"kata Kadispar Bintan Luki Zaiman Prawira. (min)

Penulis: Aminnudin
Editor: Zabur Anjasfianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved