BATAM TERKINI

Cegah Penyakit Leukimia ke Anak Sejak Dini, Orangtua Perlu Lakukan Ini

Yayasan Ananda Marga Eraws Batam gelar kegiatan donor darah di lantai I Mega Mall, Batam Center, Batam.

Cegah Penyakit Leukimia ke Anak Sejak Dini, Orangtua Perlu Lakukan Ini
TRIBUNBATAM.id/Alfandi

TRIBUNBATAM.id,BATAM-Yayasan Ananda Marga Eraws Batam gelar kegiatan Donor Darah di lantai I Gedung Mega Mall, Batam Center, Batam,Sabtu(29/9) kemarin.

Selain kegiatan donor darah, ada juga kegiatan Sosialisasi Waspada Kanker sejak dini pada anak, lomba menggambar dan masih banyak kegiatan lainnya.

Dalam kegiatan donor darah tersebut, pihak Yayasan Ananda Marga Eraws juga bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI), Cancer Information & Support Center (CISC) Batam dan Ohayo Drawing School.

Pantauan Tribun sejumlah pengunjung Mega Mall  tampak antusias mengikuti kegiatan donor darah, hingga terlihat antre panjang untuk melakukan donor darah. Selain itu, sejumlah anak-anak pengunjung juga terlihat antusias mengikuti lomba menggambar dan mewarnai.

Anggota Yayasan Ananda Marga Eraws, Jenni menyampaikan, bahwa kegiatan Donor Darah dan sosialiasi antisipasi penyakit kanker kepada anak sudah sering dilakukan."Setiap empat bulan sekali, kita selalu gelar kegiatan donor darah dan sosialisasi seperti ini,"terangnya, Minggu (30/9/2018).

Dia juga menyebutkan, kegiatan donor darah ini merupakan bentuk kepedulian untuk memenuhi kebutuhan darah di Batam melalui PMI. 

Baca: 16 Personel Polres Karimun Tidak Jadi Donor Darah. Penyebabnya Ternyata Cuma ini

Baca: Warga Antusias Ikuti Gelar Donor ATB di Mega Mall, Sebanyak 125 Kantong Darah Terkumpul

Baca: 173 Kantong Darah Berhasil Dikumpulkan, Hakka Indonesia Rutin Gelar Donor Darah. Ini Jadwalnya

"Nah tujuan kita memilih kegiatan ini di Mega Mall, salah satunya karena aktivitas di mal cukup ramai, sehingga donor darah dan sosialiasi waspada penyakit kanker pada anak bisa dituangkan kepada masyarakat yang berkunjung disini,"terangnya.

Di tempat yang sama, Ketua CISC Batam, Bastoni Solihin menyampaikan, pada kesempatan donor darah di Mega Mall , pihaknya juga turut mengambil bagian untuk mensosialisasikan terkait waspada penyakit kanker sejak dini pada anak. Sehingga para orangtua dan pengunjung mal dapat mengetahui bahwa penyakit kanker juga bisa terjadi pada anak, dan sangat rentan juga pada anak-anak.

"Seperti contohnya yang sering dan umum ditemukan penyakit kanker darah dan leukimia pada anak,"terangnya.

Sementara itu, Dokter Yuri Sp.A menuturkan, penyakit kanker darah dan leukimia pada anak sampai saat ini memang sangat rentan terjadi pada anak-anak.Namun ciri-ciri penyakit kanker tersebut tidak bisa diketahui secara visual.

"Jadi apabila kondisi sang anak terlihat pucat, aktivitas anak kurang aktif dan tidak selera makan, segera melakukan konsultasi dan membawa anak kepada dokter anak untuk mencari tahu hal tersebut,"terangnya.

Lanjutnya, langka itu bertujuan untuk sekedar memastikan penyakit apa yang diderita anak, apakah terjangkit penyakit kanker pada anak."Jadi tidak usah takut terhadap penyakit kanker, segera melakukan konsultasi ke dokter anak,"ujarnya.

Dia juga menambahkan, adapun faktor penyebab kanker pada anak, bisa saat mengkomsumsi makanan Kimiawi dan zat pewarna berbahaya. Ini berpotensi terhadap anak ketika dewasa terjangkit penyakit kanker.

"Untuk itu marilah para orangtua agar terus memperhatikan pertumbuhan anak dan mulai menerapkan pola hidup sehat pada anak sejak dini. Jadi hal ini juga tergantung penangan dari para orangtua masing-masing,"jelasnya. (*)

Penulis: Alfandi Simamora
Editor: Sihat Manalu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved