BATAM TERKINI

Polsek Sagulung Amankan Lima Orang Pencuri Spesialist Gudang Alat Berat, Ini Pengakuan Pelaku

Lima orang pelaku spesialis pembobol ruko yang sering beraksi di wilayah Ruko Tunas Regency diamankan Polsek Sagulung.

Polsek Sagulung Amankan Lima Orang Pencuri Spesialist Gudang Alat Berat, Ini Pengakuan Pelaku
TRIBUNBATAM.id/Ian

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Lima orang pelaku spesialis pembobol ruko yang sering beraksi di wilayah Ruko Tunas Regency diamankan Polsek Sagulung. Tiga pelaku dihadiahi timah panas karena berusaha melarikan diri saat dilakukan penangkapan.

Kelima pelaku yang diamankan oleh Polsek Sagulung yakni Adi (35), Zaeni (28), M Rizky Lubis (24), Suberman (48) dan Awal Rahamadan (25). Pelaku biasanya beraksi mulai pukul 18.00WIB sampai malam hari.

Baca: Sepesialis Pencuri Aki Dibekuk, Dua Orang Masih Dikejar Polisi

Baca: Premium Langka & Susah Dicari di Batuaji dan Sagulung, Ini Penjelasan Pihak SPBU

Baca: Kasus Pencurian Velg Masih Diselidiki, Polisi Jaga Ketat Saksi Kunci di Rumah Sakit

Untuk melancarkan aksinya pelaku biasanya nongkrong di depan ruko dan beberapa orang diantara mereka masuk ke dalam ruko. Barang yang diambil pelaku adalah sparepart alat-alat berat seperti saringan cobelco, hosting dan beberapa barang lainnya.

Pelaku sudah beraksi puluhan kali dan beberapa kali beraksi di tempat yang sama, hanya saja selama ini pemilik toko tidak membuat laporan karena ruko yang dibobol merupakan gudang dan jarang dibuka oleh pemiliknya.

Penangkapan berawal saat sekuriti kawasan Tunas Regency melakukan penangkapan terhadap dua orang yang sedang melakukan pencurian di ruko tersebut.

Sekuriti memberitahukan kepada pemilik dan sekuriti juga menyerahkan dua pelaku yang diamankan kepada polisi.

"Setelah dua orang tertangkap, kita melakukan pengembangan. Dari hasil pengembangan ternyata pelaku merupakan komplotan,"kata Kapolsek Sagulung, AKP Yuda Surya.

Dia juga mengatakan setelah melakukan pengembangan tiga orang pelaku lainnya diamankan di kawasan Hyundai Tanjunguncang."Kita terus melakukan pengembangan, dari tangan pelaku kita amankan puluhan unit barang bukti sparepart alat-alat berat yang belum sempat terjual,"kata Yuda.

Dari hasil pengembangan kelima pelaku selama ini sudah puluhan kali melakukan aksi pencurian di ruko yang ada di Sagulung.

Untuk menutupi kecurigaan masyarakat, pelaku bergantian melakukan aksinya."Untuk ruko yang sama pelaku ada yang sudah melakukan aksinya empat kali, namun temannya berbeda - beda,"kata Yuda.

Mereka terus beraksi karena pemilik gudang jarang datang ke lokasi dan banyaknya barang di dalam gudang tidak mengetahui kalau barang digudang sudah berkurang.

"Ini juga kalau tidak tertangkap sekuriti mungkin pemilik gudang tidak tahu kalau barangnya sudah hilang,"kata Yuda.

Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya pelaku dikenakan Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman tujuh tahun penjara. (*)

Penulis: Ian Pertanian
Editor: Sihat Manalu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved