BATAM TERKINI

10 November Mendag Datang ke Batam, Zaref akan Bawa Keliling Pasar Induk Jodoh

Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita akan hadir di Batam, Sabtu (10/11) mendatang.

10 November Mendag Datang ke Batam, Zaref akan Bawa Keliling Pasar Induk Jodoh
KOMPAS.com/ANDRI DONNAL PUTERA
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita saat menyampaikan hasil rapat kerja Kementerian Perdagangan 2018 di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Jumat (2/2/2018). 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita akan hadir di Batam, Sabtu (10/11) mendatang. Kedatangan Enggartiasto karena memang ada acara yang berlangsung di Batam.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) kota Batam, Zarefriadi mengatakan harus mengambil kesempatan dalam kunjungan Enggar ke Batam. Agar bisa meninjau Pasar Induk dan Pasar Makmur Serumpun di Sungai Beduk.

"Pas kita lagi bangun Pasar Makmur Serumpun di Sungai Beduk kalau punya waktu, boleh ditinjau. Bukan hanya itu Pasar Induk ini juga kalau bisa dilihatlah," ujar Zarefriadi, Selasa (23/10/2018).

Baca: Penarikan Distribusi Parkir di Pasar Kaget Dipertanyakan, Jadi Keluhan Warga Sagulung dan Batuaji

Baca: AFC U19 2018 - Jika Timnas U19 Indonesia Tak Mau Kebobolan, Pemain UAE Ini harus Diwaspadai

Baca: Empat Wanita ABG Bantah Layani Hasrat Liar. Kasatpol: Cuma Meraba-Raba dan Mencium Saja

Apalagi, kata Zarefriadi, Pemerintah Kota (Pemko) Batam berharap dukungan dana revitalisasi Pasar Induk dari pusat. Baik dari Kementerian Perdagangan ataupun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia (PUPR).

"Kalau udah lihat faktanya dilapangan kan lebih gampang," katanya.

Zaref melanjutkan sayangnya Pedagang Kaki Lima (PKL) Pasar Induk juga sejauh ini belum pindah ketempat relokasi yang sudah disediakan. Walaupun memang ada juga sebagian yang sudah pindah. Pasalnya kalau relokasi lebih cepat, pembersihan Pasar Indukpun otomatis cepat dilaksanakan.

Kedatangan Mendag ini juga diakui oleh Wali Kota Batam, Muhammad Rudi. Ia berharap kedatangan Enggar ke Batam bisa sekaligus meninjau Pasar Induk dan Pasar Makmur Serumpun Sei Beduk.

"Soal Pasar Induk Pak Menterikan mau datang. Nanti saya akan jemput. Datang untuk meninjau Pasar Induk dan Makmur Serumpun Sei Beduk. Apalagi kita mau minta bantuan dana," kata Rudi.

Sebelumnya Pemerintah Kota (Pemko) Batam sedang membangun pasar tradisonal atau pasar pemerintah yang berskala nasional. Pasar ini dibangun memiliki unsur pasar yang sehat, aman, sadar dan tertib ukur.

Pasar tersebut dinamakan Pasar Makmur Serumpun. Terletak di Fasilitas Umum (Fasum) Perumahan Buana Garden Kelurahan Tanjung Piayu Kecamatan Sei Beduk.

Menariknya lagi, Konsep bangunannya dijadikan 2 lantai. Rencananya dilantai 1 untuk pedagang dan lantai 2 dipergunakan khusus untuk pengelolanya saja.

"Sebelumnya fasos ini dari pihak developer diserahkan kepada pemerintah. Bangunannya lebih kompleks dan lengkap," ujar Kepala Bidang (Kabid) Pasar Disperindag Kota Batam, Zulkarnain kepada Tribun.

Diakuinya Pasar Makmur Serumpun ini sedang dalam tahap pembangunan. Dibangun dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) sebanyak Rp 5,6 miliar. Pasar ini termasuk golongan pasar tipe C. Dimana hanya mampu 200 pedagang saja.

"Alhamdulliah kalau selesai tahun ini, tahun depan sudah dapat retribusi pasar. Harapannya selesai 2018 ini, agar di 2019 kita bisa menikmati retribusi pasarnya," katanya. (*)

Penulis: Roma Uly Sianturi
Editor: Sihat Manalu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved