Dua Remaja yang Ikut Keroyok Haringga Sirla Dituntut 3 dan 4 Tahun Penjara

JPU menuntut terdakwa kasus pengeroyokan Haringga Sirla yakni DN (16) dengan hukuman penjara 3 tahun 6 bulan, sedang ST (17) 4 tahun penjara.

Dua Remaja yang Ikut Keroyok Haringga Sirla Dituntut 3 dan 4 Tahun Penjara
mega nugraha/tribun jabar
Rekonstruksi pengeroyokan Haringga Sirla di Stadion GBLA pada Rabu (26/9/2018). Tersangka Budiman saat memperagakan penganiayan. 

Dua Remaja yang Ikut Keroyok Haringga Sirla Dituntut 3 dan 4 Tahun Penjara

TRIBUNBATAM.id - Jaksa Penuntut Umum (JPU) menuntut terdakwa kasus pengeroyokan Haringga Sirla yakni DN (16) dengan hukuman penjara 3 tahun 6 bulan, sedang ST (17) 4 tahun penjara.

Foto Haringga Sirla semasa hidup
Foto Haringga Sirla semasa hidup (ISTIMEWA)

"Untuk ST dituntut empat tahun dan untuk DN dituntut tiga tahun enam bulan," kata Kepala Seksi Pidana Umum Kejari Bandung Agus Alam usai persidangan, di PN Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (23/10/2018).

Baca: Polisi Tangkap 6 Pelaku Penganiayaan Terhadap Haringga Sirla, 5 Orang Dibawah Umur. Ini Peran Mereka

Baca: Polisi Temukan Fakta Baru. Tak Hanya Dianiaya, Dompet Haringga Sirla Juga Dirampas

Baca: 5 Opsi Sanksi Untuk Persib Setelah Tewasnya Haringga. Tanpa Penonton Hingga Pengurangan Poin

Sidang yang dipimpin Hakim Tunggal Tardi ini digelar secara tertutup di ruang sidang Anak PN Bandung.

Kedua anak ini dinyatakan terbukti terlibat melakukan penganiayaan yang menewaskan Haringga Sirla, sebagaimana dakwaan pasal 170 KUHP juncto Pasal 55 Ayat 2 ke -3 KUHP Juncto UU No 11 tahun 2012 tentang sistem peradilan anak.

Sementara itu, pengacara terdakwa, Dadan Sukmawijaya mengatakan bahwa pihaknya akan mengajukan pembelaan yang akan diajukan Rabu (24/10/2018) besok.

Dadang akan mengajukan kepada hakim mengenai keringanan hukuman para terdakwa mengingat keduanya masih bersekolah dan belum pernah berurusan dengan hukum sebelumnya.

Meski begitu, kedua terdakwa ini juga telah mengakui kesalahannya.

Dan apa yang dilakukan kedua terdakwa ini tidak direncanakan namun sifatnya hanya terbawa emosi massa yang saat itu melakukan pengeroyokan terhadap korban.

"Akan kami sampaikan kepada Hakim, karena ada alternatif lain sebelum penjara, apakah dikembalikan ke orang tua atau ke pondok pesantren, itu dibenarkan oleh undang-undang," kata dia.

Seperti diketahui sebelumnya, seorang pemuda yang diketahui bernama Haringga tewas dikeroyok sejumlah orang saat laga Persib Bandung kontra Persija Jakarta di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Bandung, Jawa Barat, Minggu (23/9/2018) siang.

Kasatreskrim Polrestabes Bandung AKBP M Yoris Maulana menuturkan, insiden itu terjadi di Gerbang Biru area parkir bagian utara stadion sekitar pukul 13.00 WIB. (*)

*Artikel ini telah tayang di tribunnewsbogor.com dengan judul Dua Pelaku Pengeroyokan Haringga Sirla Dituntut 3 dan 4 Tahun Penjara

Editor: Tri Indaryani
Sumber: Tribun Bogor
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved