Kim Jong-un Doyan Borong Barang Mewah dari China Hingga Rp59 Triliun. Inilah Rinciannya

seorang anggota parlemen oposisi mengatakan bahwa Kim telah membeli barang-barang mewah dari China dan tempat lain.

Kim Jong-un Doyan Borong Barang Mewah dari China Hingga Rp59 Triliun. Inilah Rinciannya
DEPARTEMEN LUAR NEGERI / PLANET PIX MELALUI ZUMA WIRE / REX

TRIBUNBATAM.id - Tahun lalu, pemimpin Korea Utara Kim Jong-un menghabiskan setidaknya $ 640 juta (Rp9,7 triliun) untuk membeli barang-barang mewah dari China.

Padahal, hal itu bertentangan dengan sanksi PBB yang melarang barang-barang, termasuk mobil mewah dan kendaraan bermotor masuk ke Korut.

Seorang anggota parlemen Korea Selatan mengatakan Kim Jong-un telah menghabiskan lebih dari £ 3 miliar (Rp59,1 triliun) untuk mengimpor barang-barang mewah dari China.

Hal itu dilakukannya sejak dia mengambil alih kekuasaan di Korea Utara pada tahun 2011.

Tahun lalu, Korut mengimpor paling tidak $ 640 juta (Rp9,7 triliun).

Tindakan itu dianggap menentang sanksi PBB yang melarang perdagangan semacam itu atas sanksi program pengujian nuklir dan rudal Korut.

Yoon Sang-hyu, seorang anggota parlemen oposisi mengatakan bahwa Kim telah membeli barang-barang mewah dari China dan tempat lain.

Dia mulai membeli pesawat amphibi, alat musik yang mahal, TV berkualitas tinggi, mobil sedan, minuman beralkohol, jam tangan dan mantel berbulu.

Pembelian barang-barang elektronik seperti TV diyakini senilai $ 340 juta (Rp5,1 triliun), diikuti oleh mobil seharga $ 204 juta (Rp3 triliun) dan liqours di $ 35 juta (Rp531 miliar).

Yoon berkata bahwa jumlah perdagangan barang mewah tahun lalu turun dari $ 800 juta (Rp12,1 triliun) pada tahun 2014, tetapi hanya turun 3,8 persen dari $ 666 juta (Rp10,1 triliun) pada tahun 2016.

Halaman
12
Editor: Rio Batubara
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved