VIDEO Detik-detik Ambruknya Jembatan Beton Lubuk Kilangan Dilanda Banjir Kota Padang

Sebuah jembatan di kawasan Lubuk Kilangan, Kota Padang, roboh oleh derasnya arus sungai yang menghantam jembatan tersebut.

Screengrab/Twitter
Banjir bandang di Kota Padang. Air sampai menerjang jembatan di kawasan Lubuk Kilangan. 

TRIBUNBATAM.id, PADANG - Banjir hebat yang melanda Kota Padang, Jumat (2/11/2018) siang, membuat sejumlah sungai atau Banda Bakali di Kota Padang meluap dan berarus deras.

Bahkan, sebuah jembatan di kawasan Lubuk Kilangan, Kota Padang, roboh oleh derasnya arus sungai yang menghantam jembatan tersebut.

Video ambruknya jembatan itu diunggah oleh sejumlah video yang beredar di media sosial, termasuk akun Twitter Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho.

Video lainnya yang menggambarkan kondisi ambruknya jembatan berpagar baja itu diunggah oleh akun @info_sumbar.

Informasi yang diperoleh dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatra Barat, mereka telah menyiagakan tim untuk turun ke lapangan bila sewaktu-waktu masyarakat butuh bantuan.

Banjir mulai terjadi di sejumlah wilayah, seperti Bungus, Lubuk Pitameh, dan Simpang Gaduik serta debit air di swejumlah Banda Bakali Kota Padang juga terus meningkat.

Baca: Kota Padang Banjir. Arus Deras Hantam Jembatan Beton di Kota Padang. Lihat Videonya

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumbar, Rumainur, seperti dilansir Republika Online  menyebutkan bahwa aliran Sungai Baringin di Lubuk Kilangan semakin deras dan mengancam jembatan.

"Sampai saat ini laporan yang masuk ke kami, volume air di Kawasan Baringin meningkat. Bahkan sudah merendam satu unit jembatan. Juga ada kebakaran di Siteba. Untuk kawasan lain, kita masih menunggu laporan. Sampai kini, belum ada laporan korban jiwa," kata Rumainur, Jumat (2/11/2018).

BPBD juga sedang melakukan pendataan berapa unit rumah yang terendam. BPBD Kota Padang sendiri sudah menurunkan satu tim untuk turun ke Baringin dan beberapa tempat lainnya. Evakuasi akan dilakukan bila ada warga yang terjebak di dalam rumahnya.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bandara Internasional Minangkabau, hujan deras terjadi merata di Sumatra Barat.

Wilayah yang terpantau mengalami hujan dengan intensitas tinggi adalah Pasaman Barat, Agam, Padang Pariaman, Pariaman, Padang, Solok, Kabupaten Solok, dan Pesisir Selatan. Kondisi ini bisa meluas ke wilayah lain, seperti Padang Panjang, Tanah Datar, dan Kepulauan Mentawai.

Penulis: Alfian Zainal
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved