TANJUNGPINANG TERKINI

Kapolres Tanjungpinang Turun Langsung Atasi Banjir dan Atur Laulintas

Khususnya kendaraan sepeda motor enggan beresiko motor macet karena memaksakan menerabas genangan hujan. Permasalan lalulintas pun menjadi semrawut.

Kapolres Tanjungpinang Turun Langsung Atasi Banjir dan Atur Laulintas
TRIBUNBATAM/WAHIB WAFA
Kapolres Tanjungpinan AKBP Ucok Lasdin Silalahi terjun langsung mengatsi banjir yang terjadi di Tanjungpinang, Minggu (4/11/2018) 

TRIBUNBATAM.id, TANJUNGPINANG-Langganan Banjir di Tanjungpinang adalah dikawasan Batu 7 tepatnya samping SPBU. Dalam hitungan menit, hujan yang mengguyur kota Tanjungpinang, kawasan jalan Di Panjaitan ini berubah menjadi genangan air yang cukup dalam.

Sejumlah ruko dan rumah di wilayah tersebut terendam hingga 50 Centimeter. Ternyata penyebabnya adalah tidak ada parit atau drainase yang memadai.

Kemudian kawasan ini juga berada di titik rendah dari wilayah yang berbentuk cekungan. Warga selama ini memilih jalur pintas dengan berbelok arah ke gang sebelum SPBU.

Khususnya kendaraan sepeda motor enggan beresiko motor macet karena memaksakan menerabas genangan hujan. Permasalan lalulintas pun menjadi semrawut.

Tak jarang kemacetan panjang juga kerap terjadi ketika hujan turun. Kapolres Tanjungpinang AKBP Ucok Lasdin Silalahi bahkan langsung turun memastikan kondisi yang terjadi dilokasi banjir.

"Melihat air tergenang bisa menjadi potensi gangguan rawan terjadi lalulintas seperti laka lantas dan juga kejahatan seperti curas yang memanfaatkan pengguna jalan melambat karena jalan tergenang air. Jika lama dibiarkan menjadi gangguan nyata terjadi laka lantas dan kejahatan," ujai Ucok ditemui dengan kondisi basah kuyup tanpa alas kaki Minggu (4/11/2018) sore.

Ucok nampak langsung turun memantau sebenarnya apa yang terjadi. Karena kerap kali permasalahan ini menjadi keluhan banyak masyarakat.

"Untuk mencegah terjadinya kejahatan itulah diperlukan upaya untuk menghilangkan genangan air di jalan tersebut," ungkapnya.

Baca: Diterjang Puting Beliung, 14 Rumah di Pulau Pecong Rusak Berat

Baca: Diterjang Puting Beliung, Satu Warga Pulau Pecong Disambar Petir

Baca: Diterjang Puting Beliung, Empat Rumah di Pulau Pecong Langsung Jatuh ke Laut

Baca: BREAKING NEWS. 26 Rumah di Pulau Pecong Dihantam Puting Beliung

"Kebetulan disaat yang sama ada juga tokoh masyarakat, Ketua LAM Tanjungpinang, Kadis PU Provinsi, dan BPBD Kota Tanjungpinang, Lurah dan warga setempat saat itu jadi sekalian bersama membuat parit2 pembuangan air," tuturnya lagi.

Kapolres tak sungkan mengangkat cangkul untuk membuat saluran air sementara untuk memecahkan genangan air agar dapat mengalir lancar.

Dari pantauan TRIBUNBATAM.id , usai hujan air naik tinggi hingga beberapa kendaraan bermotor sempat macet. Tak hanya itu, banyak warga pelintas jalan disana memilih untuk mencari jalan tembusan lain untuk melewati genangan air tersebut.

"Ini sudah bertahun-tahun. Entah saya saja bingung kemana Walikota atau Gubernurnya. Masa kayak gini dibiarkan. Tinggal dibenahi saluran drainase dan pembuangan diarahkan kemana yang jelas kan selesai," ujar warga dengan kesal.

Lorong jalan nyaris air tinggi hingga 50 Centimeter lebih. Warga merasa banjir ini sudah menjadi hal yang biasa. (wfa)

Penulis: Wahib Wafa
Editor: Zabur Anjasfianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved