PEMILU 2019

Hari Pahlawan, Polres Tanjungpinang dan Mahasiswa Deklarasi Pemilu Damai

Di hari Pahlawan ini kita semua mengenang kembali bagaimana susahnya meraih kemerdekaan dengan pengorbanan jiwa dan raga

Hari Pahlawan, Polres Tanjungpinang dan Mahasiswa Deklarasi Pemilu Damai
TRIBUNBATAM/WAHIB WAFA
Polres Tannjungpinang dan Mahasiswa deklarasi pemilu damai 

TRIBUNBATAM.id, TANJUNGPINANG-Polres Tanjungpinang melangsungkan Deklarasi dan Launching Pemilu Damai, Pemantau Pemilu 2019 Bersama Organisasi Kemahasiswaan Kota Tanjungpinang dan Polres Tanjungpinang dengan tema 'Bersama Pemuda Ciptakan Kondusifitas Pemilu 2019'.

Dalam kegiatan diskusi ini Kapolres Tanjungpinang AKBP Ucok Lasdin Silalahi, bersama dengan Ketua Bawaslu kota Tanjungpinang M. Zaini, Komisioner KPU Kota Tanjungpinang M. Yusuf dan Akademisi DR. Suryadi, MH menjadi pemateri dihadapan para peserta deklarasi.

Mengawali penyampaian materinya, Kapolres Tanjungpinang menyampaikan kegiatan yang hadir bahwa pada hari dimana kegiatan Deklarasi dan Launching Pemilu Damai yang digagas Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) bersama Polres Tanjungpinang dilaksanakan bertepatan dengan Hari Pahlawan.

Baca: Mabes Polri Gelar Deklarasi Pemilu Damai Bersama Kemenag Batam

Baca: Panwascam Sagulung Gelar Deklarasi Pemilu Damai, Ini Isi 10 Poin yang Harus Dipatuhi

Baca: KPU Deklarasi Pemilu Damai di Mapolresta Barelang, Ini yang Disampaikan Ketua KPU

Baca: Kamis, KPU Bintan Ajak Calon Kepala Daerah Deklarasi Pemilu Damai

"Di hari Pahlawan ini kita semua mengenang kembali bagaimana susahnya meraih kemerdekaan dengan pengorbanan jiwa dan raga. Kita semua juga bisa memahami bagaimana hebatnya para pahlawan dapat mempersatukan 17.000 lebih pulau di Indonesia menjadi satu kesatuan NKRI," kata Kapolres Tanjungpinang AKBP Ucok Lasdin Silalahi Sabtu (10/11/2018).

"Maka dari itu kehadiran kita semua pada hari ini menunjukan tekad perjuangan para pemuda yang terlibat pemantau pemilu untuk memastikan Pesta Demokrasi berjalan dengan baik tanpa dihantui oleh rasa takut dengan suka cita dan kegembiraan," ujar Ucok.

Ia menegaskan jika terdapat pelanggaran dan kendala dalam pelaksanaan seluruh proses tahapan pemilu, maka KPU dan Bawaslu selaku penyelenggara bersama-sama akan menyelesaikannya.

"Polri akan mendukung penyelenggaraan Pemilu yang berkualitas. Polri akan bertindak Profesional dan berlandaskan netralitas. Polri yakin bahwa KPU dan Bawaslu dapat mengemban Fungsi dalam penyelenggaraan Pemilu yang aman dan Damai," katanya.

Kewajiban pihak Kepolisian dalam menjaga penyelenggara pemilu dapat bekerja dengan nyaman yaitu apabila menyangkut dengan hal-hal gangguan Kamtibmas dan ancaman maka Pihak Kepolisian sudah menyiapkan Personil Kepolisian untuk menjaga kantor KPU dan Bawaslu.

Beberapa satgas Pui telah dibuat dari Operasi Kamtibmas Mantap Brata hingga Satgas Anti Hoax.

Adapun kegiatan Deklarasi dan Launching Pemilu Damai, Pemantau Pemilu 2019 ini diikuti oleh HMI Tanjungpinang- Bintan, Cipayung Plus, BEM Se- Kota Tanjungpinang dan Pengurus Osis SMA Sedrajat sekota Tanjungpinang dengan total keseluruhan peserta kurang lebih 80 orang.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan Pernyataan Deklarasi dalam mendukung Pemilu 2019 oleh peserta yang mengikuti kegiatan dan menandatanganan Kode Etik Pemantau Pemilu 2019.(wfa)

Penulis:
Editor: Zabur Anjasfianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved