BATAM TERKINI

Bawaslu Batam Larang Caleg Pasang Alat Peraga Kampanye Lengkap di Mobil Umum

Bawaslu Batam mengimbau kepada seluruh peserta pemilu, baik partai politik maupun perorangan untuk memasang alat peraga kampanye (APK).

Bawaslu Batam Larang Caleg Pasang Alat Peraga Kampanye Lengkap di Mobil Umum
TRIBUNBATAM/ALFANDI SIMAMORA
KPU Kota Batam menyerahkan hasil penetapan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP-2) sebanyak 676.479 pada pleno kepada Bawaslu Batam di kantor KPU Batam, Rabu (14/11/2018). 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Bawaslu Batam mengimbau kepada seluruh peserta pemilu, baik partai politik maupun perorangan untuk memasang alat peraga kampanye (APK) sesuai dengan aturan dalam peraturan perundang-undangan. Senin (20/11/2018).

Dasar hukum atas imbauan ini sendiri adalah sesuai dengan ketentuan Undang-Undang No.7 tahun 2017 dan juga Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) No.33 tahun 2018 tentang pemilihan umum.

Komisioner Divisi Hukum Bawaslu Batam, Mangihut Rajaguguk, mengatakan bahwa Bawaslu juga menitik beratkan imbauan ini terhadap pemasangan APK dikendaraan pribadi maupun kendaraan umum oleh parpol maupun caleg yang akan melaksanakan kampanye.

"Untuk kendaraan baik layanan publik maupun kendaraan pribadi yang berlogo parpol, sepanjang tidak menampilkan nomor urut parpol atau caleg, masih bisa digunakan," ujarnya.

Namun dalam hal ini, seperti ambulance dan kendaraan pribadi tersebut hanya bisa digunakan untuk keperluan operasional dan pelayanan sosial partai politik itu semata.

"Dan juga untuk pelayanan publik," lanjutnya.

Baca: Jelang Pemilu 2019, Bawaslu Batam Tegaskan Sejumlah Aturan Penggunaan Alat Peraga Berikut

Baca: Dimana Angel Lelga sejak Digerebek Vicky Prasetyo? Pintu Rumah Masih Rusak

Baca: Kenali Hadiah Natal untuk Wanita Menurut Zodiak agar Pasanganmu Bahagia

Mangihut menyebut, Bawaslu sudah memberikan surat imbauan kepada para peserta pemilu dalam pelaksanaan hal tersebut.

"Dan kami sudah menyurati para peserta pemilu terkait hal itu," katanya.

Apabila masyarakat Batam menemukan pelanggaran terkait hal tersebut, dapat melaporkannya kepada Bawaslu untuk ditertibkan dan ditindaklanjuti.

"Apabila masih ada,setelah kami menyurati kami akan jadwalkan untuk menertibakan," jelasnya.

Sementara itu saat ditanyakan perihal kampanye di media masa, cetak dan media sosial, dia mengatakan bahwa hanya boleh mengunggah foto dan nomor urut mulai dari tanggal 24 Maret s/d 13 April 2019.

"Untuk kampanye media massa, cetak dan media sosial dapat dilakukan dari tanggal 24 Maret - 13 April tahun depan," jelasnya.(*)

 

 

Penulis:
Editor: Sihat Manalu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved