BATAM TERKINI

Ratusan Rumah di Tanjung Buntung Bengkong Batam Rawan Longsor, Begini Cara Warga Mencegahnya

"Sudah dua hari yang lalu mulai nampak longsornya. Tanah merah satu per satu dari atas mulai berjatuhan. Kami sangat khawatir," kata seorang warga

Ratusan Rumah di Tanjung Buntung Bengkong Batam Rawan Longsor, Begini Cara Warga Mencegahnya
TRIBUNBATAM.id/LEO HALAWA
Warga RT06 RW09 Tanjungbuntung, Bengkong, Batam menyusun ban bekas untuk menahan tanah yang nyaris longsor, Selasa (20/11/2018) sore. 

TRIBUNBATAM.id, BATAM-Sekitar 200 rumah warga di atas bukit RT06, RW 09 Tanjung Buntung Kecamatan Bengkong Kota Batam terancam longsor. Tanda-tanda mulai longsor diketahui warga sejak Minggu (18/11/2018) lalu.

"Sudah dua hari yang lalu mulai nampak longsornya. Tanah merah satu per satu dari atas mulai berjatuhan. Kami sangat khawatir," kata seorang warga yang biasa disapa Pak Mentari Sitohang saat ditemui TRIBUNBATAM.id di lokasi, Selasa (20/11/2018) sore.

Baca: Akibat Penyakit ini Embun Tak Bisa Jalan, Ibu Gendong Pergi Pulang Sekolah

Baca: Dokter Suntik Bidan 56 Kali di Tanjungpinang, Bidan Winda Akhirnya Muncul dan Tolak Berdamai

Baca: Begini Penampakan Bidan Korban Penyuntikan Dokter 56 Kali. Rela Tampil ke Publik Pakai Masker

Atas kejadian itu, belasan warga berjibaku mengganjal tanah liat yang ambruk dengan bantuan ban mobil bekas. Tidak sedikit, sekitar 300 ban bekas sudah diletakan untuk memperkecil laju ambruk, sudah dipasang warga.

"Kami mencari ban bekas. Sebagian kami beli dari warga yang punya ban seperti ini. Kalau harga satu ban bekas adalah Rp 1500," kata Rizal warga lain.

Diungkapkan warga, atas kejadian itu, belum terlihat progres dari pemangku. Warga berharap, ada solusi dari pemerintah setempat.

"Kemarin Lurah sini sudah lihat. Tapi belum ada dibilang apa apa. Kami berharap bisa dibantu bagaimana caranya mencegah potensi longsor ini, " katanya.

Dari pantauan TRIBUNBATAM.id, di tengah warga sedang berjibaku menyusun ban-ban, beberapa warga lain yang lewat memberikan sumbangan suka rela. Beberapa remaja menyodorkan kardus tempat sumbangan suka rela.(leo)

Penulis: Leo Halawa
Editor: Zabur Anjasfianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved