BATAM TERKINI

Ditlantas Akan Terapkan Tilang Elektronik, Langgar Lalu Lintas Kena Denda

Direktorat Lalulintas (Ditlantas) Kepolisian Daerah (Polda) Kepri berencana akan menerapkan tilang elektronik yang dimulai di Batam.

Ditlantas Akan Terapkan Tilang Elektronik, Langgar Lalu Lintas Kena Denda
KOMPAS.COM / DEFRIATNO NEKE
Satlantas Polres Kota Baubau menggelar Operasi Patuh Anoa 2017. Dalam operasi tersebut, pelanggar lalu lintas akan dikenakan sistem e tilang dengan membayar denda maksimal. Foto ilustrasi 

TRIBUNBATAM.id, BATAM- Direktorat Lalulintas (Ditlantas) Kepolisian Daerah (Polda) Kepri berencana akan menerapkan tilang elektronik yang dimulai di Batam.

Hal itu disampaikan Dirlantas Polda Kepri, AKBP Roy A.C kepada sejumlah awak media. Ia mengatakan, penerapan itu akan dimulai pada tahun 2019 mendatang.

"Kita lakukan pertama kali untuk Kota Batam dulu. Saat ini kita sedang mempersiapkan alat-alat yang diperlukan," katanya, Selasa (27/11/2018).

Ia pun menyebutkan, akan mengajukan kepada Korlantas Polri terkait kelengkapan peralatan untuk penerapan tilang elektronik tersebut.

"Soalnya alat-alatnya harus yang benar-benar pada speknya. Sebab CCTV yang digunakan itu harus bisa dapat mengezom sampai terlihat nomor polisi kendaraan," sebutnya.

Disampaikannya, untuk titik-titik pemasangan CCTV akan dimulai sebanyak 8 sampai 10 titik terlebih dahulu. Lokasi yang dipasang disimpang yang rawan macet.

Baca: Respon Sari Roti Terkait Hukuman Denda Sebesar Rp2,8 Miliar oleh KPPU

Baca: Viral, Bocah SMP Ini Menangis Takut Motornya Kena Tilang, Namun Akhirnya Tersenyum Gegara Hal ini

Baca: Suplai Air Terganggu Ada Perbaikan Pipa, Silakan Tampung Air Sebelum Mati

"Kan ada 14 titik simpang yang rawan macet. Jadi kita coba 8 sampai 10 titik dulu lah di Batam ini," ujarnya.

Penerapan tilang elektronik ini juga sebagai terobosan untuk meminimalisir pelanggaran yang dilakukan para pengendara, baik roda dua maupun roda empat.

"Sebab cara kerjanya, anggota yang memantau CCTV bila melihat pengendara yang melanggar lala lintas, hanya cukup membidik ke plat nomor kendaraan, akan otomatis langsung terinput dan keluar bentuk pelanggaran dan denda yang harus dipertanggungjawabkan bagi pengendara yang melanggar lalulintas itu," ucapnya. (*)

Penulis: Endra Kaputra
Editor: Sihat Manalu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved