BATAM TERKINI

Berbekal Ransel Brigadir Riki Mardianto Bikin Perpustakaan Keliling di Hinterland

Sembari bertugas menjaga keamanan dan ketertiban, Brigadir Riki Mardianto menyambangi rumah, pos kamling, warung dan tempat berkumpul anak-anak untuk

Berbekal Ransel Brigadir Riki Mardianto Bikin Perpustakaan Keliling di Hinterland
TRIBUNBATAM.id/ISTIMEWA
Brigadir Riki Mardianto Bhabinkamtibmas Pulau Terong, Polsek Belakang Padang saat mendampingi anak-anak membaca buku dari perpustakaan keliling yang dibuatnya 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Brigadir Riki Mardianto, seorang Bhabinkamtibmas Pulau Terong, Polsek Belakang Padang membuat perpustakaan keliling hanya dengan berbekal tas ransel. Dia berkeliling menawarkan buku bacaan kepada anak-anak dan masyarakat.

Sembari bertugas menjaga keamanan dan ketertiban, Brigadir Riki Mardianto menyambangi rumah, pos kamling, warung dan tempat berkumpul anak-anak untuk mengajak membaca buku bersama.

Brigadir Riki Mardianto terlihat ramah mendampingi anak-anak saat sedang membaca buku darinya. Bahkan, tak jarang hal itu dilakukan dengan berjalan kaki.

Perpustakaan keliling itu, mulai dilakukan hampir setiap hari di tempatnya bertugas yakni Keluarahan Pulau Terong Kecamatan Belakang Padang, Kota Batam.

Dengan sasarannya adalah anak-anak sekolah dasar (SD) maupun anak-anak yang belum sekolah yang bertujuan untuk meningkatkan atau menumbuhkan minat dan hobi membaca melalui perpustakaan keliling.

Baca: IT Fest BP Batam Hadir di Bandung, Kenalkan Industri Digital Batam

Baca: Sempat Terlantar Bertahun-tahun. Rafiq-Bakti Lubis Resmikan Balai Pertemuan Warga Gang Awang Noor

Baca: Aktivis Anti Korupsi Dijatuhi Hukuman Percobaan, Hakim Sebut Mulkan Jangan Nakal di Luar

Baca: Solar Ekstra Realisasi 2015 Raib Misterius, Tiga Bulan Nelayan di Bintan Menganggur

"Pada dasarnya perpustakaan keliling ini, untuk menarik minat baca anak. Untuk itu saya pribadi berinisiatif mendirikan perpustakaan keliling," ujar Brigadir Riki Mardianto, disela-sela menemani anak-anak Pulau Terong membaca buku, Senin (17/12/2018).

Perpustakaan keliling ini, kata Riki dilakukan dengan mendatangi anak-anak dengan cara membawa buku-buku bacaan yang disimpan dalam sebuah tas ransel.

"Saya kujungi anak-anak di waktu sengang saat istirahat, sambil bawa buku-buku bacaan dan pelajaran yang saya letak dalam tas ransel," jelasnya.

Terpisah Kapolsek Belakang Padang AKP Ulil Rahim mengatakan mendorong seluruh Bhabinkamtibmas di Polsek Belakang Padang agar bermanfaat dan berguna untuk masyarakat di wilayah mereka.

"Jangan berhentin berinovasi untuk membantu masyarakat baik di bidang keamanan, sosial, agama maupun pendidikan.
Dalam hal ini Bhabinkamtibmas Pulau Terong menindak lanjuti di bidang pendidikan untuk membantu meningkatkan pengetahuan dan minat baca anaka-anak di hinterland," katanya.

Di harapkan dinas terkait dapat menyumbangkan buku-buku bacaan untuk melengkapi koleksi perpustakaan keliling Bhabinkamtibmas Pulau Terong.

Selain bidang pendidikan, Bhabinkamtibmas Sekanak Raya juga berinovasi di bidang sosisal dengan mengajak partisipasi dari masyarakat Belakang Padang untuk membantu warga yang membutuhkan.

"Inovasi ini akan konsisten di laksanakan dengan melihat kondisi dan permasalahan yang ada di masyarakat Belakang Padang," katanya.(bur)

Penulis: Zabur Anjasfianto
Editor: Zabur Anjasfianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved