KABAR GEMBIRA! Pemprov Kepri Bakal Buka Rute Kapal Roro Tanjungpinang - Malaysia

Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau berencana membuka rute pelayaran kapal Roro dengan tujuan Tanjungpinang (Kepri) ke Tanjung Pelepas (Malaysia).

KABAR GEMBIRA! Pemprov Kepri Bakal Buka Rute Kapal Roro Tanjungpinang - Malaysia
tribunbatam/aminnudin
Ilustrasi kapal roro 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau berencana membuka rute pelayaran kapal Roro dengan tujuan Tanjungpinang (Kepri) ke Tanjung Pelepas (Malaysia).

Perencanaan ini disampaikan Wakil Gubernur Kepri, Isdianto ketika ditemui di Batam, Selasa (18/12/2018).

Untuk merealisasikannya, Isdianto mengatakan, akan meminta semua pihak segera bersiap.

Termasuk membuat agenda studi banding dengan Kalimantan yang telah melakukan kerja sama serupa dengan Malaysia sebelumnya.

Saat ini, setiap bulannya ada sekitar 780 bus asal Malaysia yang membawa sekitar 700 ribu wisatawan ke Kalimantan.

Baca: Sempat Belajar di Lobi Kantor DPRD, Siswa SD Melati Bakal Gabung ke Sekolah Negeri

Baca: Warga Perumahan Suka Maju Pertanyakan Penutupan U Turn Jalan R Suprapto

Baca: Pemko Batam Raup Rp 13,58 Miliar Selama Program Penghapusan Denda PBB-P2

Baca: Apartemen dan Condotel Cipta Sky Park Batam Tersedia Tiga Pilihan Tipe

"Bayangkan kalau itu terjadi di Kepri, akan sangat bagus untuk industri pariwisata dan meningkatkan ekonomi masyarakat kita," kata Isdianto lagi.

Isdianto mengatakan, rencana ini sudah melalui rapat dengan pihak-pihak terkait. Dimana di dalamnya semua pihak termasuk dari otoritas perhubungan laut menyambut positif.

Bahkan bahasan dalam rapat yang dilakukan mereka sudah memetakan manfaat yang bisa diperoleh dari masuknya wisatawan asal Malaysia ke Kepri.

"Alhamdulilah semua setuju, kita juga sudah pikirkan apa yang akan kita dapat dari kerja sama ini," kata Isdianto menjelaskan.

Lanjut Wakil Gubernur Kepri itu, infrastruktur pelabuhan di Kepri untuk memenuhi kebutuhan bersandarnya kapal Roro yang rencananya difasilitasi oleh pihak Malaysia.

Dengan harapan kerjasama ini berjalan baik, Isdianto berharap masyarakat bisa mengambil manfaat dengan menghadirkan suguhan iven pariwisata yang sesuai dengan budaya masyarakat Melayu.

"Ini tugas kita lagi, harus memberikan hiburan yang sesuai dengan wisatawan, apalagi kita dengan Malaysia sangat dekat secara budaya," kata Isdianto lagi. (drs)

Penulis:
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved