BATAM TERKINI

Isye KDI dan Pertunjukan Sulap Bakal Ramaikan Peresmian Kebun Raya Batam, Besok Sabtu (22/12)

Masih dalam rangkaian Hari Jadi Batam ke-189 tahun, Wali Kota Batam, Rudi akan meresmikan Kebun Raya Batam (KRB), Sabtu (22/12/2018) pagi di Nongsa.

Isye KDI dan Pertunjukan Sulap Bakal Ramaikan Peresmian Kebun Raya Batam, Besok Sabtu (22/12)
tribun batam
Pintu gerbang Kebun Raya Batam. 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Masih dalam rangkaian Hari Jadi Batam ke-189 tahun, Wali Kota Batam, Rudi akan meresmikan Kebun Raya Batam (KRB), Sabtu (22/12/2018) pagi di kawasan Nongsa.

Peresmian disaksikan perwakilan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Permukiman dan Pertamanan (Disperakimtan) Kota Batam, Eryudhi Apriadi mengatakan, saat ini tanaman koleksi yang ada di KRB berjumlah 2.500 jenis tanaman. Ada 9.700 bibit tanaman lagi yang belum ditanam dan bakal melengkapi tanaman yang sudah ada.

"Dan nanti saat peresmian akan dilakukan kegiatan penanaman pohon juga," kata Eryudhi, Jumat (21/12/2018).

Baca: Ternyata Makan Pedas Bukan Penyembuh Sariawan, Ini Trik Sembuhkan Sariawan Tanpa Obat Menurut Dokter

Baca: BAHAYA! Pakai Minyak Goreng Berulang Bisa Picu Kanker. Simak Tips Berhemat Minyak Tapi Tetap Sehat

Baca: KABAR GEMBIRA! Pemprov Kepri Bakal Buka Rute Kapal Roro Tanjungpinang - Malaysia

Baca: CATAT! Jadwal Kapal di Pelabuhan Sekupang Bakal Berubah. Simak Alasan dan Jadwal Terbarunya

Dari kelompok Pramuka, misalnya. Mereka akan menanam 500 pohon Ketapang Kencana. Dari komunitas Beringin rencananya juga ikut menanam pohon Beringin di area KRB.

"Ada juga sumbangan pohon Trembesi dari Badan Musyawarah Perbankan Daerah sekitar 3000 tanaman. Tapi saat peresmian nanti sekitar 300 sampai 500 pohon dulu yang akan ditanam," ujarnya.

Eryudhi melanjutkan, untuk kegiatan peresmian KRB akan dimulai pukul 8.30 WIB. Kegiatan peresmian ditandai dengan penekanan tombol sirine, penandatanganan prasasti, dan penanaman pohon maskot Kebun Raya Batam--pohon Nibung.

"Ada juga pelepasan 189 ekor burung merpati yang menandakan Hari Jadi Batam sudah 189 tahun," kata Eryudhi.

Kegiatan hari itu juga akan diisi dengan penampilan jebolan ajang pencarian bakat asal Batam--Isye KDI. Isye akan menghibur masyarakat yang hadir dalam peresmian KRB. Rencananya juga ada hiburan pertunjukan sulap.

"Peresmian ini juga sebagai ajang perkenalan kepada masyarakat. Kami mengajak masyarakat bisa hadir beramai-ramai dalam peresmian KRB," ujarnya.

KRB dilengkapi dengan Taman Warna-warni dan Taman Palem. Kedua taman tematik ini dibangun LIPI. Selain itu ada rumah kaca untuk anggrek, embung air, instalasi pengolahan air, jalan lingkar, jalan koleksi dan beberapa fasilitas lainnya. (wie)

Penulis: Dewi Haryati
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved