ATB Konsisten Pacu Inovasi Berbasis Teknologi

ATB tidak pernah berpuas diri dan secara kontinyu terus melakukan pengembangan inovasi teknologi terkini menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat

ATB Konsisten Pacu Inovasi Berbasis Teknologi
DOK ATB BATAM
ATB menjadi benchmark bagi perusahaan pengelola air baik dalam maupun luar negeri 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - PT Adhya Tirta Batam (ATB) terus berupaya mendorong kesiapan dalam penerapan teknologi yang digunakan untuk mengelola air bersih di Batam.

Mulai dari penyediaan teknologi terbaru hingga penyerapan dan transfer teknologi tersebut untuk perkembangan perusahaan.

Integrasi teknologi digital dan fisik dilakukan ATB dari berbagai unit baik di produksi, distribusi, mobilitas, komunikasi maupun pelayanan serta pembayaran tagihan. 

Baca: Wisata Edukasi Air, ATB Batam Ajak Hemat Air Sejak Usia Dini

Baca: Pertama Kali, ATB Gelar Donor Darah di Mal Pelayanan Publik

Baca: Mengulik Strategi Sang Maestro ATB Batam Mengelola Air Bersih

Konsep Smart Water Company yang selama ini dijadikan basis operasional pelayanan ATB terus mengalami peningkatan baik dari sistem maupun kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang digunakan.

Menariknya, inovasi teknologi ATB dibangun oleh tenaga SDM internal ATB sendiri tanpa bantuan pihak ketiga.

ATB tidak pernah berpuas diri dan secara kontinyu terus melakukan pengembangan inovasi teknologi terkini menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. 

“Konsistensi ATB dibuktikan dengan kesiapterapan teknologi yang digunakan selama ini. ATB SCADA 4.0 terintegrasi menjadi barometer potensial untuk melihat transformasi kinerja pelayanan yang dihasilkan dari waktu ke waktu. Seluruh unit kerja di ATB terkoneksi dalam satu sistem otomatisasi berbasis cyber sehingga mempermudah pelayanan dan pengambilan keputusan”, jelas Maria Jacobus, Head of Corporate Secretary pada Jumat (21/12). 

Aspek yang paling menantang dari penerapan sistem 4.0 adalah resiko keamanan pada teknologi informasi. Integrasi sistem ini akan memberi ruang untuk pelanggaran keamanan dan kebocoran data.

Namun, ATB melalui departemen IT & System telah membuat sistem keamanan data base yang mumpuni. Bahkan ATB meraih The Best IT Data Security di ajang DataGoVai Award 2018 beberapa waktu lalu. 

Kiprah ATB melayani kebutuhan air bersih Kota Batam sudah teruji dengan menjadi benchmark bagi perusahaan air dalam dan luar negeri.

Terobosan luar biasa diciptakan ATB melalui sistem ATB SCADA 4.0 terintegrasi yang memiliki kemampuan memasukkan Big Data Analytic dari seluruh komponen operasi yang dipadukan dengan sistem Enterprise Resource Planning (ERP). 

Teknologi ATB SCADA 4.0 telah menjadi sistem percontohan bagi pengembangan dan operasional perusahaan lainnya.

Hingga saat ini, hanya ATB yang mampu memiliki sistem SCADA yang terintegrasi di bidang pengelolaan air minum. Indonesia dan negara lainnya memerlukan modernisasi sektor pelayanan publik, utilitas, pertanian dan peternakan.

Penerapan inovasi teknologi yang mumpuni menjadikan ATB layak diproyeksikan sebagai operator air kelas dunia di masa depan dan sulit tergantikan.(*)

Editor: nandrson
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved