Keluar dari IWC, Jepang Akan Kembali Buka Izin Perburuan Ikan Paus untuk Komersial

Jepang menarik diri dari Komisi Penangkapan Ikan Paus Internasional (IWC) dan akan memulai perburuan ikan paus komersial mulai tahun depan

Keluar dari IWC, Jepang Akan Kembali Buka Izin Perburuan Ikan Paus untuk Komersial
DPA/kyodo
Perburuan ikan paus di Jepang 

TRIBUNBATAM.id, TOKYO - Jepang menarik diri dari (International Whaling Commission) atau Komisi Penangkapan Ikan Paus Internasional dan akan memulai perburuan ikan paus komersial tahun depan.

Rencana perburuan paus itu diumumkan oleh seorang juru bicara pemerintah, Rabu (26/12/2018), diperkirakan akan memicu kritik internasional.

Pengumuman penarikan diri dari IWC itu sudah diduga sebelumnya setelah Jepang gagal meyakinkan IWC memberi izin untuk perburuan paus komersial.

"Kami telah memutuskan untuk menarik diri dari IWC untuk melanjutkan perburuan ikan paus komersial pada Juli tahun depan," kata juru bicara pemerintah, Yoshihide Suga kepada wartawan seperti dilansir TribunBatam.id dari Kantor Berita AFP.

“Penangkapan ikan paus komersial mulai Juli tahun depan akan terbatas pada perairan teritorial Jepang dan zona ekonomi eksklusif. Kami tidak akan berburu di perairan Antartika atau di belahan bumi selatan,” tambah Suga.

Tokyo telah berulang kali mengancam akan keluar dari IWC karena terus dikritik menangkap ratusan paus per tahun dengan alasan untuk "penelitian ilmiah".

Suga mengatakan Jepang akan secara resmi menginformasikan kepada IWC tentang keputusan final pada akhir tahun ini dan bila tetap pada keputusan, keputusan itu mulai berlaku pada 30 Juni 2019.

Keluar dari IWC, berarti Jepang akan memburu paus di perairan pesisir Jepang yang saat ini dilindungi oleh IWC.

Tetapi konsekuensinya, Jepang tidak bisa melanjutkan perburuan paus di wilayah Antartika dengan alasan apapun, termasuk untuk penelitian, karena wilayah itu di bawah pengawasan IWC.

Dengan keputusan tersebut, Jepang akan bergabung dengan Islandia dan Norwegia secara terbuka menentang larangan IWC terhadap perburuan paus komersial.

Halaman
123
Penulis: Alfian Zainal
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved