BATAM TERKINI

Gelombang di Perairan Kepri Capai 5 Meter, BMKG Minta Aktivitas di Laut Waspada

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas l Hang Nadim Batam mengimbau agar transportasi laut berhati-hati.

Gelombang di Perairan Kepri Capai 5 Meter, BMKG Minta Aktivitas di Laut Waspada
TRIBUN BATAM.id
Petugas BMKG monitor perkiraaan cuaca 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas l Hang Nadim Batam mengimbau agar transportasi laut, atau aktivitas nelayan untuk lebih berhati-hati.

BMKG memprakiraan bahwa tinggi gelombang di perairan Bintan dan Tanjungpinang mencapai 0,3 sampai maksimal 2 meter.

Sedangkan tinggi gelombang yang paling tinggi terlihat di perairan Anambas dan Natuna. Rata rata 0,6 sampai mencapai tinggi 5 meter.

Kecepatan arus laut di perairan Bintan dan Tanjungpinang mencapai 35 cm/detik dengan arah Barat Laut. Sedangkan Natuna kecepatan arus laut 70 cm/detik dengan arah Utara, dan Anambas kecepatan arus laut 55 cm/detik arah Barat Laut.

Baca: BMKG Catat Rentetan Gempa Rabu Malam di Sigi, Lampung, dan Dompu NTB

Baca: 12 Pemain Berpeluang Dipertahankan Persib di Liga 1 2019, Ada Ezechiel NDouassel

Baca: Ini Link Pengumuman Peserta Lolos SKB CPNS 2018 di 33 Instansi yang Bisa di Download

Tinggi gelombang juga terlihat di perairan Lingga atau Dabo Singkep. Mulai dari 0,3 sampai maksimal tinggi mencapai 1,3 meter, dengan kecepatan arus laut 35 cm/detik yang mengarah pada Barat Laut.

Sedangkan perairan Batam dan Karimun, tinggi gelombang mulai dari 0,2 sampai 0,8 meter, dengan kecepatan arus laut 30 cm/detik, serta mengarah pada Barat Laut. Selain itu BMKG juga menyampaikan, secara umum kondisi cuaca esok hari diprakirakan berawan dan berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang.

Hal ini disebabkan, adanya tekanan udara yang rendah di wilayah perairan utara Kepulauan Riau menyebabkan berkumpulnya massa udara di wilayah tersebut sehingga mendukung untuk pertumbuhan awan-awan konvektif.

Namun, kondisi ini masih kondusif untuk aktivitas transportasi darat maupun udara. Hanya saja untuk transportasi laut dan aktivitas kelautan diimbau agar berhati-hati terhadap gelombang laut yang cukup tinggi di wilayah perairan Bintan, Anambas dan Natuna.

Waspadalah bila terjadi hujan lebat, karena dapat menyebabkan penurunan jarak pandang mendatar dan kenaikan tinggi gelombang laut. (dra)

Penulis: Endra Kaputra
Editor: Sihat Manalu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved