BATAM TERKINI

Belum Dapat Persetujuan Wali Kota Batam, E-Parking Gagal Diterapkan Awal Tahun

Ujicoba sekaligus penerapan e-parking Dishub Kota Batam batal dilaksanakan Desember 2018. Padahal direncanakan penerapan e-parking ini mulai diterapka

Belum Dapat Persetujuan Wali Kota Batam, E-Parking Gagal Diterapkan Awal Tahun
TRIBUNBATAM.id/ARGIANTO
Sorang juru parkir tengah mengatur kendaraan di Batam, beberapa waktu lalu 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Ujicoba sekaligus penerapan e-parking Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam batal dilaksanakan Desember 2018. Padahal direncanakan penerapan e-parking ini mulai diterapkan awal 2019 ini.

"Belum diterapkan, soalnya masih banyak teknis yang harus disiapkan, dievaluasi dan disempurnakan. Selain itu masih ada juga beberapa juru parkir yang masih belum menguasai teknis pengoperasian e-parking nantinya meski sudah mendapatkan pelatihan khusus," ujar Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) parkir Dishub Batam, Alexander Banik, Kamis (3/1/2019).

Diakuinya kendala lain sistem e-parking batal diterapkan di awal tahun, pasalnya ujicoba e-parking, belum mendapat persetujuan dari Wali Kota Batam. Saat ini Wali kota Batam, Muhammad Rudi juga lagi fokus mengerjakan pekerjaan yang lebih prioritas, seperti pembangunan infrastruktur.

Baca: Sidang Money Politic 2 Caleg Partai Perindo Kepri - Pengacara Beri Sinyal Edyson Tak Ajukan Banding

Baca: Tersandung Kasus Dugaan Korupsi Penanggulangan Bencana, 2 ASN Pemprov Kepri Dijebeloskan ke Penjara

Baca: Pegatron Gandeng Sat Nusapersada Produksi Perangkat Smarthome, Serap 2.000 Tenaga Kerja di Batam

Baca: Turun Dibanding Tahun Lalu, Inflasi di Kepri 2018 Capai 3,47 Persen Melebihi Inflasi Nasional

Selain itu, lanjut Alex, proses penerapan ini masih harus ada turunan-turunan lagi setelah MoU, yakni berupa perjanjian kerjasama yang belum dilaksanakan. Kapan pastinya. Alexander belum bisa memastikan tanggal dan bulannya.

"Kami persiapkan semuanya agar sempurna. Kalau nantinya sudah tak ada kendala kan lebih enak menjalankannya," ujarnya.

Sementara itu apabila uji coba e-parking dipaksakan sesegera mungkin, padahal masih ada beberapa peralatan ataupun sistem yang harus disempurnakan terlebih dahulu. Ditakutkan akan mempersulit kesiapan ujicoba di lapangan.

Sejauh ini, untuk aplikasi e-parking sendiri, sudah bisa diunduh masyarakat menggunakan ponsel pintar. Baik yang android dan IOS.

Sebelumnya proses uji coba penerapan e-parking di Batam, Dishub Batam yang bekerjasama dengan operator seluler nasional, Telkomsel sudah mempersiapkan segala perangkat pendukungnya seperti ponsel pintar atau android khusus untuk seratus jukir e-parking serta aplikasi e-parking nya.

"Terkait ujicoba e-parking nantinya, kami turunkan jukir sebanyak seratus orang yang akan kami tempatkan di seratus titik yang terbagi dua, yakni di kawasan pertokoan Nagoya dan kawasan perkantoran di Batam Kota," katanya.(rus)

Penulis: Roma Uly Sianturi
Editor: Zabur Anjasfianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved