Breaking News:

Tsunami Selat Sunda Bukan Karena Erupsi, Mbah Rono : Jangan Kriminalisasi Gunung Anak Krakatau

Mbah Rono menegaskan, tsunami di perairan Selat Sunda tidak ada kaitannya dengan erupsi letusan Anak Gunung Krakatau.

TWITTER/SUTOPO PURWO NUGROHO
Letusan Gunung Anak Krakatau, Jumat (3/8/2018) 

TRIBUNBATAM.id, JAKARTA - Ahli Vulkanologi Surono meminta masyarakat tidak menyalahartikan penyebab terjadinya tsunami di Selat Sunda yang terjadi Sabtu (22/12/2018) lalu.

Pria yang akrab disapa Mbah Rono ini menegaskan, tsunami di perairan Selat Sunda tidak ada kaitannya dengan erupsi letusan Anak Gunung Krakatau.

"Jangan ada diskusi lagi, jangan beri judul tsunami di Selat Sunda disebabkan oleh letusan Anak Krakatau. Jangan kriminalisasi Gunung Anak Krakatau," kata Mbah Rono dalam sebuah diskusi bertema 'Mitigasi bencana masih menjadi PR' di kawasan Rawamangun, Jakarta Timur, Kamis (3/1/2019).

Baca: Dihantam Badai 9 Meter, Kapal Untuk Pecahkan Rekor Keliling Dunia Ini Ditemukan 9 Tahun Kemudian

Baca: Mulai 1 Januari, Tarif Paket dan Pengiriman Lewat Kantor Pos Naik. Ini Kata Penjual Online

Baca: VIDEO - Setelah Diperiksa 11 Jam, 2 Pejabat Pemprov Kepri Resmi Ditahan. Keluarga Langsung Nangis

Baca: Jonathan Bauman Dibuang, Inikah 5 Striker Calon Duet Ezechiel NDouassel di Persib Bandung?

Peristiwa yang menelan korban sebanyak 437 orang, 14.059 orang luka-luka, 16 orang hilang ini, kata Mbah Rono, bahwa penyebab terjadinya tsunami di Selat Sunda karena longsoran Anak Gunung Krakatau.

Hal tersebut telah diteliti dan dipublikasikan sejak 2012 yang lalu.

“Ini bukan letusan tapi longsoran Gunung Anak Krakatau. Tsunami di Selat Sunda sudah diteliti, tsunami di Selat Sunda disebabkan karena longsoran,” ungkapnya.

Mantan Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) ini, menyebut apabila Gunung Anak Krakatau bisa berbicara, maka gunung yang berada diantara Pulau Jawa dan Pulau Sumatera ini akan mengiyakan apa yang disampaikannya tersebut.

"Anak Krakatau akan bilang dari dulu 'orang bilang melihat saya potensi tsunami adalah longsoran tubuh saya, bukan letusan saya'. Pasti anak Krakatau dengan jujur mengatakan itu,” papar Mbah Rono. (*)

*Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Kata Mbah Rono, Tsunami Selat Sunda Terjadi Bukan Karena Letusan Anak Gunung Krakatau

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved