Bebaskan 18 Nelayan asal Alor, Timor Leste Tetap Sita Kompresor

Ke-18 nelayan yang terdiri dari 3 nahkoda kapal dan 15 ABK tersebut meninggalkan Pelabuhan Dili menuju ke kampung halamannya, Kamis (24/1/2019) pukul

Bebaskan 18 Nelayan asal Alor, Timor Leste Tetap Sita Kompresor
FOTO KIRIMAN KBRI DILI
Suasana pelepasan 3 nahkoda kapal nelayan asal Alor oleh majelis Pengadilan Dili dan Kepolisian Nasional Timor Leste (PNTL), Kamis (24/1/2019). Para nelayan sudah meninggalkan Pelabuhan Dili menuju ke kampung halamannya, Kamis (24/1/2019) pukul 16.30 waktu setempat. 

Timor Leste Bebaskan 18 Nelayan asal Alor Tetapi Kompresor Tetap Disita 

TRIBUNBATAM.id - Pengadilan Dili pada hari Rabu (23/01/2019) pukul 18.00 waktu membebaskan 8 nelayan asal Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT) beserta 3 kapal.

Sebelumnya 18 nelayan asal Alor, NTT beserta 3 kapal ditangkap oleh Angkatan Laut (AL) Timor Leste pada Sabtu (19/01/2019).

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Dili ikut membantu proses pembebasan para nelayan asal Indonesia tersebut.

Ke-18 nelayan yang terdiri dari 3 nahkoda kapal dan 15 ABK tersebut meninggalkan Pelabuhan Dili menuju ke kampung halamannya, Kamis (24/1/2019) pukul 16.30 waktu setempat.

Keberangkatan mereka dilepas majelis Pengadilan Dili dan Kepolisian Nasional Timor Leste (PNTL).

Ada Hal Aneh Terjadi di Rumah Nenek yang Meninggal Usai Selamatkan Cucu saat Banjir

Warga Geger, Seroang Pria Ditemukan Tidak Bernyawa di Dalam Truk

Nelayan Alor Ditahan Angkatan Laut Timor Leste, Agen Jamin Nelayan Dalam Kondisi Baik

Empat Lagenda Maung Bandung Dapat Penghargaan dari Viking Kelompok Suporter Persib Bandung

Menurut siaran pers KBRI Dili yang diterima Pos Kupang, Kamis (24/1/2019), Pengadilan Dili memberikan status bebas bersyarat kepada ketiga kapten kapal tersebut sehingga 18 nelayan dapat melanjutkan aktivitas mereka yaitu berdagang ikan di Timor Leste seperti sedia kala.

Namun tiga kompresor yang mereka bawa disita oleh Pengadilan Dili untuk dijadikan barang bukti penyelidikan lebih lanjut.

Rata-rata satu kapal nelayan Indonesia dapat membawa 1,2 ton ikan, sehingga total tangkapan sebanyak 3,6 ton. Ikan yang dibawa nelayan Alor dari perairan Indonesia untuk dijual ke Dili menjadi sumber terbesar ikan segar bagi penduduk Dili, Timor Leste.

Menurut sumber agen ikan di Dili, dalam satu bulan total ikan segar yang masuk ke Dili dari para nelayan dapat mencapai angka rata-rata 200 ton.

Halaman
1234
Editor: Zabur Anjasfianto
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved