Kapal Nelayan Kecelakaan Laut di Bintan, Iptu R. M Isa Ceritakan Detik-detik Penyelamatan 3 Nelayan

Aksi penyelamatan tiga nelayan asal Galang Batang yang tenggelam oleh para personil Polsek Gunung Kijang di tengah lautan Bintan langsung viral.

Kapal Nelayan Kecelakaan Laut di Bintan, Iptu R. M Isa Ceritakan Detik-detik Penyelamatan 3 Nelayan
TRIBUNBATAM.id/AMINNUDIN
Perairan Bintan 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Aksi penyelamatan tiga nelayan asal Galang Batang yang tenggelam oleh para personil Polsek Gunung Kijang di tengah lautan Bintan langsung viral.

Aksi para personil terbilang nekat sebab beradu dengan terjangan ombak musim utara yang cukup tinggi. Ditambah dengan angin kuat yang berhembus. Kapal kayu ikan penyelamat beberapa kali terhuyung huyung dihamtam ombak.

Bripka Rudy Harianto, salah satu personil yang turut serta dalam aksi penyelamatan ketiga nelayan menuturkan, saat di tengah laut dalam perjalanan pencarian, ombak tingginya diperkirakan bisa sampai 3 meter. Kapal ikan penololong milik Tan Ang Kok, bos ikan di Kawal sampai beberapakali oleng .

"Kapal sebesar itu, macam speed pancung saja modelnya, goyang goyang,"cerita Rudy.

Iptu R. M Isa, yang berada di buritan mengatakan, sangking kuatnya ombak, kapal penolong yang mereka tumpangi sampai kemasukan air beberapa kali. "Haluan kapal beberapa kali kemasukan air,"kata R.M Isa.

Total ada empat personil Polsek Gunung Kijang yang turun dalam aksi penyelamatan tersebut. Yakni Bripka Rudy Harianto, Iptu R.M. Isa, Briptu Heri S, dan Briptu Budi. Ditambah satu orang dari Polair Polres Bintan atas nama Iptu Rusliyatna. Dari pihak kapal, ada dua orang, kapten sama ABK.

Kapal Nelayan Kecelakaan Laut di Bintan, 3 Nelayan Selamat Ini Disambut dengan Isak Tangis Keluarga

Kapalnya Alami Kecelakaan di Laut, Tiga Orang Nelayan Bintan Bertahan di Tutup Kotak Fiber

Kapal Nelayan Kapasitas GT3 Tenggelam di Perairan Bintan Minggu Pagi. Ini Penjelasan Basarnas

"Penyelamatan ini berkat doa semua pihak, dan suport semua pihak, termasuk pihak SAR. Dan yang pastinya berkat Allah SWT,"kata R.M Isa.

Kelima polisi turun melakukan pencarian ketiga nelayan pada pukul 11.00 WIB usai menerima informasi adanya insiden tenggelam di laut pada pagi harinya.

"Kami turun jam 11 siang, menemukan ketiga nelayan sekitar jam 2 an,"kata R.M. Isa.

Lokasi ketiga nelayan terombang ambing di tengah lautan diperkirakan sekitar 12 mil jaraknya jika dihitung dari pantai Kawal. Sedangkan jika dihitung dari Pulau Resort Nikoi, jaraknya 8 mil.

Saat ketiga nelayan ditemukan, posisi para nelayan dalam kondisi terombang ambing di tengah lautan sambil menggenggam erat erat kotak fiber ikan warna biru. Satu nelayan begitu melihat kapal yang diawaki para polisi dari kejauhan langsung melambai lambaikan baju yang basah.

"Mereka melambai lambaikan pakaian mereka yang basah. Dari kejauhan kita lihat ada orang melambai lambaikan pakaian,"kata R.M.Isa.

Kapal pun langsung mendekati posisi ketiga nelayan. Begitu mendekat, pihak awak kapal langsung melemparkan tali ke arah nelayan. Namun, lemparan pertama tidak sampai ke lokasi para nelayan. Tali pun kemudian ditarik lagi dan dilempar kembali. Begitu lemparan tali kedua ditangkap para nelayan, pihak polisi pun langsung menarik tubuh para nelayan ke kapal. Berkat itulah ketiga tiganya diselamatkan hingga akhirnya dievakuasi ke darat. (Min).

Penulis: Aminnudin
Editor: Rio Batubara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved