INFO CUACA

BMKG Ingatkan Warga Natuna dan Anambas Waspadai Gelombang Tinggi hingga 3 Meter

BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Hang Nadim di Batam mengingatkan agar warga Natuna dan Anambas mewaspadai gelombang tinggi hingga 3 meter.

BMKG Ingatkan Warga Natuna dan Anambas Waspadai Gelombang Tinggi hingga 3 Meter
TRIBUNBATAM.ID/WAHYU INDRIANTO
Ilustrasi gelombang tinggi di Anambas dan Natuna 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Hang Nadim di Batam mengingatkan agar warga Natuna dan Anambas mewaspadai gelombang tinggi hingga 3 meter.

Terlebih bagi warga yang berprofesi sebagai nelayan ataupun pengguna jasa transportasi laut dan aktivitas kelautan diimbau untuk berhati-hati.

Hal dikarenakan berdasarkan analisis dinamika atmosfer akan ada tiupan angin kencang serta gelombang tinggi hingga 3 meter.

"Berdasarkan analisis dinamika atmosfer, laut pulau terdepan seperti Natuna dan Anambas akan mengalami angin kencang dan gelombang tinggi hingga 3 meteran, makanya warga diminta selalu waspada dan berhati-hati," kata Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Mateorologi Kelas I Hang Nadim Suratman, Jumat (1/2/2019).

Suratman menjelaskan laut Natuna dan Anambas, untuk di daerah lain juga mengalami gelombang tinggi seperti laut Bintan dan Lingga yang saat ini mencapai 1,5 meter.

"Sementara laut Batam, Tanjungpinang dan laut Karimun masing-masing tinggi gelombang mencapai 1 meteran," jelas Suratman.

Ustaz Abdul Somad Akan Ceramah di Tanjungpinang dan Bintan Sepanjang Hari Jumat Ini

Viral, Paspor Ditahan Majikan, TKI asal Medan Polin Tumanggor Sempat Kritis Hingga Meninggal Dunia

Banjir di Surabaya, Banyak Mobil Terendam, Ada yang Ditinggal di Tengah Jalan

Lebih jauh Suratman menjelaskan adanya tiupan angin kencang dan gelombang tinggi di laut Natuna dan Anambas dikarenakan adanya terbentuk pola belokan angin (shearline) di wilayah Kepri yang menyebabkan terjadinya perlambatan massa udara yang dapat mendukung pertumbuhan awan-awan.

Namun prakiraan kecepatan angin di lapisan atas yang masih cukup tinggi kurang mendukung pertumbuhan awan-awan konvektif.

Secara umum kondisi cuaca Kepri hari ini, Jumat (1/2/2019) diprakirakan berawan dan berpotensi terjadi hujan lokal dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

"Tapi kondisi ini masih kondusif untuk aktivitas transportasi darat maupun udara, terkecuali tranportasi laut," ungkap Suratman.

Halaman
12
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved